Situs Kramat Batok Bekasi

0 18

Situs Kramat Batok

Kramat Batok berada di Desa Jaya Bakti, Kecamatan Cabang Bungin, Bekasi. Kramat Batok merupakan makam ulama sekaligus pejuang bernama Gabid. Tahun 1850-an ia dan pasukannya terdesak sehingga terpaksa melarikan diri ke hutan belantara. Di tempat tersebut sang pemimpin menemukan gubuk tua. Di dalamnya terdapat peralatan makan yang terbuat dari batok atau tempurung kelapa. Konon setiap makanan dan minuman yang ditempatkan dalam batok tersebut tidak pernah habis meski dibagikan kepada puluhan pasukan. Akhirnya sang ulama dan pengikutnya memutuskan untuk menetap di tempat tersebut.

Gabid dan pasukannya membuka hutan untuk membuat pemukiman. Perkampungan yang didirikan oleh pemuka agama tersebut dikenal dengan nama Desa Pulo Luyu. Kampung tersebut merupakan cikal bakal terbentuknya Desa Jaya Bakti, Desa Sendang Jaya, serta Desa Sendang Sari di Cabang Bungin, Bekasi. Hingga meninggal pada tahun 1921, Gabid menetap di desa yang ia dirikan. Tempat ditemukannya batok keramat untuk pertama kali sengaja dipilih sebagai area pemakaman ulama yang berasal dari Sumedang Larang itu. Makam itulah yang kini dikenal dengan Cagar Budaya Kramat Batok.

12 kramat batokSetiap tanggal 10 Muharram, masyarakat yang tinggal di sekitar Kramat Batok mengadakan tasyakuran. Acara yang digelar selama tujuh hari tujuh malam itu merupakan warisan dari sang pendiri desa. Tradisi tersebut bermula dari kebiasaan Gabid yang selalu mengadakan tasyakuran serta memberikan sedekah pada anak yatim didaerahnya. Kebiasaan yang berlangsung setiap tahun pada tanggal yang sama itu merupakan salah satu wujud rasa syukur sang ulama.

Tasyakuran tanggal 10 Muharram kini diselenggarakan dengan meriah. Para keturunan Gabid serta masyarakat sekitar selalu memotong kerbau sebagai sajian utama. Kepala kerbau selanjutnya diarak keliling kampung. Kegiatan yang dilakukan sekali setiap tahun itu juga menampilkan berbagai kesenian tradisional seperti Jaipong dan Tanjidor.

Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/bekasi/menyusuri-cagar-budaya-kramat-batok-di-bekasi/
Comments
Loading...