Situs Koto Kandis Jambi

0 111

Lokasi Situs Koto Kandis

Situs Koto Kandis terletak di sekitar 100 kilometer ke arah muara dan Situs Muarajambi, Jambi.

Situs Koto Kandis

Kondisi lingkungan di daerah Koto kandis berupa dataran rendah yang dibuat parit-parit terhubung dengan Sungai Batanghari.   secara astronomis terletak pada garis 103°59’43” BT dan garis 1°11’22” LS.

Situs ini masih menunjukkan lanskap kuno dan  menyimpan  potensi yang besar dengan banyak ditemukannya cagar budaya. Diantaranya pernah ditemukan  sebuah  arca berwujud seorang wanita bersanggul yang membawa pelita diidentifikasi sebagai arca dipalakshmi bergaya Cola dari abad 13 Masehi yang sekarang disimpan di Museum Negeri Jambi. Arca dipalakshmi yang ditemukan di Kotokandis terbuat dari perunggu dan kondisinya masih utuh. Lapisan  patina cukup merata di seluruh permukaan  arca.

Temuan  lainnya berupa sebuah pipisan yang  pada salah sisinya bertulisan Jawa Kuno berbunyi //cu a sa r// dan  sekarang  hilang. Berdasarkan bentuk hurufnya, diperkirakan berasal dari  abad 7-8 Masehi.  Cagar budaya lainnya  adalah keramik dan  emas. keramik yang ditemukan kebanyakan kondisinya telah pecah atau fragmentaris. Keramik kuno yang ditemukan merupakan keramik berasal dari cina dari masa Dinasti Song  (abad 10 – abad 13 masehi), keramik Thailand dan lokal (tembikar/gerabah).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2016/11/24/situs-koto-kandis/
Comments
Loading...