Situs Kompleks Makam Sangia Nibandera Sulawesi Tenggara

0 146

Lokasi Situs Kompleks Makam Sangia Nibandera

Situs Kompleks Makam Sangia Nibandera terletak di Desa Tikonu, Kecamatan Wundulako, Sulawesi Tenggara.

Situs Kompleks Makam Sangia Nibandera

Dalam kompleks makam yang memiliki luas sekitar 2ha itu terdapat 16 makam yang ditandai gundukan tanah yang berukuran besar maupun kecil serta di atasnya diletakkan nisan batu alam jenis andesit. Menurut ketua adat Mekongga bahwa lokasi Makam Sangia Nibandera pada masa lalu juga merupakan pusat ibukota kerajaan Mekongga, sebab di akhir tahun 1930-an, ia telah menemukan istana kerajaan Mekongga di kompleks makam itu. Istana raja kemudian dipindahkan ke Kolaka, dan kini dijadikan sebagai ikon rumah adat tradisional kabupaten Kolaka.

Secara administratif lokasi makam termasuk dalam kecamatan Wundulako, sebuah kecamatan yang berada di sebelah selatan kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara.Lokasi makam terletak di pinggiran desa Tikonu, sebuah desa kecil yang berjarak sekitar 3 km dari ibukota kecamatan Wundulako.Walaupun lokasi makam berada di pinggiran desa, namun masih dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat.

Lokasi makam sangat rimbun dengan berbagai jenis pepohonan yang bernuansa alami, seperti jenis pohon bitti, asam, aren, dan tumbuhan perdu lainnya, serta beberapa pohon buah-buahan seperti mangga dan durian. Beberapa pohon memiliki ukuran besar bahkan ada yang mencapai diameter 3,5 m dengan ketinggian sekitar 50 m.

Salah satu pohon besar tersebut memiliki akar besar yang tumbuh di atas makam Sangia Nibandera, sehingga nisan yang berbentuk pipih menyembul di sela-sela akar pohon besar tersebut. Besar ukuran pohon menyebabkan beberapa gundukan makam dan nisannya hampir tidak dapat lagi diamati, karena tertutup oleh akar kayu dan tebalnya lapisan dedaunan yang membusuk.Selain itu di areal kompleks makam juga terdapat sungai kecil yang membujur dari utara ke selatan.

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-166/situs-kompleks-makam-sangia-nibandera.html
Comments
Loading...