situsbudaya.id

Situs kompleks Makam Abdul Rahim Kamaluddin Sulawesi Barat

0 38

Lokasi Situs kompleks Makam Abdul Rahim Kamaluddin

Situs kompleks Makam Abdul Rahim Kamaluddin terletak di dusun pulau Tangnga Kelurahan Amassangang Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat. 

Situs kompleks Makam Abdul Rahim Kamaluddin

Tinggalan Budaya di situs tersebut adalah berupa makam kuno sebanyak dua buah, yakni makam Abdul Rahim Kamaluddin dan satu buah makam lainnya belum teridentifikasi. Kompleks makam itu terletak di lingkungan Pulau Tangnga (Pulau Tosalama), berjarak ± 50 meter dari pemukiman penduduk.

Bangunan makam di kompleks makam tersebut, dibuat dari bahan batu padas khususnya nisan, sedangkan badan makam dibuat dari bahan batu kapur. Teknik pembuatan batu katu kapur dipahatberbentuk segi empat dengan ketebalan sekitar 7 cm, dan tinggi 20 cm. Batu karang yang dipahatkan tersebut dipasang pada semua sisi makam sehingga berbentuk segi empat panjang, dengan ukuran panjang 2 meter, lebar 1,73 meter. Nisan makam satu buah, dari batu padas monolit ditancapkan pada bagian tengah makam. Ukuran batu nisan tersebut tinggi 17 cm, lebar 15 cm dan ketebalan 8 cm.

Bangunan makam tersebut tidak mempunyai ragam hias, baik pada badan makam maupun pada nisannya. Sampai kegiatan inventarisasi ini dilaksanakan di lokasi makam tersebut sering sekali dikunjungi oleh masyarakat. Tokoh utama yang dimakamkan di lokasi tersebut, adalah Abdul Rahim Kamaluddin, yang diyakini oleh masyarakat sebagai tokoh penyiar Islam pertama di Tanah Mandar.

Source https://disbudparpolman.weebly.com/index.html https://disbudparpolman.weebly.com/situs-cagar-budaya.html
Comments
Loading...