Situs Klinterejo Di Mojokerto

0 186

Situs Klinterejo

Situs Klinterejo terletak di wilayah Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur . situs ini lebih dikenal dengan sebutan Situs Watu Ombo atau Situs Resi Maudoro. Pada situs  Klinterejo saat ini yang namoak hanyalah sebidang tanah di tengah sawah kemudian di kelilingi tembok buatan baru. Pada dalamnya terdapat bekas kaki candi yang terbuat dari batu andesit berbentuk segi empat dengan panjang sisinya kurang lebih 5,6 meter. Dan pada atasnya terdapat sebuah Yoni yang amat besar. Pada Yoni ini memiliki tinggi 1,22 meter dengan panjang 1,83 meter serta lebar 1,91 meter dan pada bagian ceratnya di dukung dengan pahatan kepala naga.

Yoni ini merupakan salah satu peninggalan purbakal yang amat penting, karena ukurannya yang besar dan memuat pahatan angka tahun 1293 caka. Atau setara dengan tahun masehi yaitu 1372, dan Berdasarkan penuturan Kitab Pararaton, angka tahun tersebut adalah merupakan angka tahun ini bertepatan dengan angka tahun meninggalnya ibunda Raja Hayamwuruk (Tribhuwana Tunggadewi atau Rani Kahuripan). Dan karena itu kompleks situs Klinterejo itu bisa di­katakan sebagai candi pemakaman dari Bhre Kahuri­pan atau Tribuwana Tunggadewi ialah ibu dari Hayam Wuruk.

Disamping itu pada situs ini dapati juga sebuah batu besar yang merupakan batu yang berwujud prasasti, tapi belum selesai di­kenakan. Di luar tembok juga dapati sejumlah umpak- umpak batu besar. Hal ini menunjukkan bahwa di tempat itu dahulunya ada bangunan pendopo yang tentunya cukup besar pula. Di bagian lain dari kompleks Yoni Klinterjo ini juga terdapat sebuah sandaran batu yang besar  atau terkenal dengan sebutan Watu Ombo, yang menurut cerita akan dipahatkan arca perwujudan Tribhuwanottunggadewi, akan tetapi belum sempat terselesaikan.

Source Situs Klinterejo Pusaka Jawatimuran
Comments
Loading...