Situs Kanigoro, Salah Satu Peninggalan Sejarah di Campurdarat Tulungagung

0 15

Situs Kanigoro, Salah Satu Peninggalan Sejarah di Campurdarat Tulungagung

Situs Kanigoro secara administratif teletak di Desa Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung. Situs ini cukup mudah ditemukan karena berada di pinggir ruas jalan utama Campurdarat. Tepatnya berada di samping Kantor Desa Campurdarat.

Situs Kanigoro terdiri dari sejumlah benda cagar budaya masa klasik seperti arca ganesa, altar batu, pilar batu, dan umpak. Benda-benda tersebut tidak berada dalam satu kesatuan, sehingga bagaimana bentuk asli dari situs ini sudah tidak tampak lagi. Salah satu pilar ada yang masih terpendam dan hanya tampak ujungnya saja. Mungkin selain pilar tersebut masih ada benda-benda cagar budaya lain yang masih terpendam di area situs. Keberadaan pilar-pilar batu disini cukup menarik, sebab tak banyak bangunan peninggalan masa klasik di Jawa yang memiliki pilar dari batu.

Ditilik dari adanya arca ganesa, diduga Situs ini berkaitan dengan agama Hindu. Sebab ganesa merupakan salah satu dewa dalam agama Hindu. Ada pun keberadaan makam keramat di sekitar situs kemungkinan merupakan produk budaya yang muncul lebih belakang setelah Situs ini ada. Informasi mengenai Situs Kanigoro ini masih sangat minim. Hal ini membuka peluang bagi para peneliti untuk mengkajinya lebih dalam.

Source https://travellersblitar.com https://travellersblitar.com/situs-kanigoro-peninggalan-sejarah-di-tulungagung/
Comments
Loading...