Situs Kajangkoso Magelang

0 394

Lokasi  Situs Kajangkoso

Situs Kajangkoso berada di Desa Kajangkoso, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Situs Kajangkoso

Temuan itu kembali mengingatkan pada situs kajangkoso yang pernah menjadi perbincangan ramai pada 2001, yakni Situs Kajangkoso. Situs ini bisa dilihat di ruas jalan menuju ke arah pos pengamatan Gunung Merapi Babadan.

Situs Kajangkoso ini diketemukan oleh penduduk sekitar pada saat membuat irigasi untuk sawah. Dari hasil penemuan sempat dilaporkan ke pihak purbakala yg menyatakan bahwa kemungkinan struktur batu yg berada di saluran irigasi tersebut diperkirakan adalah sudut candi. Dari hasil penelitian diperkirakan situs kajangkoso ini cukup luas dan katanya lebih luas dari Borobudur, warga khawatir jika situs kajangkoso ini digali mereka takut digusur.

Situs Kajangkoso mungkin kini bentuknya hanya sebuah cerita saja, sebab komponen bangunan candi yang bisa ditemui disitus ini benar-benar sangat minim. Harus diakui, memang sangat sulit mencari kebenaran tentang ukuran situs

Kondisi situs kajangkoso ini sampai sekarang tidak berubah. Ketika ditemukan warga melalui desa sudah melapor ke Balai Pelestarian Cagar Budaya. Namun demikian, tidak dilanjutkan untuk ekskavasi. Dengan penemuan-penemuan tersebut, diyakini kawasan tersebut pernah menjadi pusat peradaban purba.

Kondisi situs kajangkoso saat ini masih terpendam. Mulai dari terpendam areal persawahan, irigasi, bangunan rumah, bahkan juga jalan raya. Struktur batu yang tertata itu tidak seluruhnya bisa dilihat. Yang terlihat di situs Kajangkoso ini hanya sebuah padu sudut candi, yang berada di sebuah irigasi, yang jika air dari puncak cukup deras, batu candi ini akan sangat sulit terlihat oleh mata.

Source Situs Kajangkoso Magelang Magelang
Comments
Loading...