Situs Istana Kota Baru Kab. Lingga

0 24

Situs Istana Kota Baru

Istana Kota Baru /Istana Robat didiami oleh Sultan Muhammad 1832-1841. Beliau juga membangun istana Kedaton/istana Robat, dan juga Bilik 44. Bangunan tinggal sisa-sisa tembok ukuran 146 m x 54 m, dan struktur terletak di tengah ukuran 36 x 36 m. tebal dinding tembok 50 cm dan pada bagian belakang tebal dinding tembok 40 cm.Dinding yang masih agak tinggi pada dinding sisi timur, namun sudah tertutup dan ditumbuhi oleh akar-akar berbagai jenis pohon.

Pada sisi-sisi lainnya sudah hampir rata dengan tanah, tetapi masih tampak jelas sebagai sisa-sisa dinding tembok keliling. Berdasarkan ukurannya yang cukup luas, kemungkinan dinding tembok keliling ini merupakan tembok keliling lingkunan istana. Namun sisa-sisa bangunan di dalam dinding tembok keliling sudah tidak ditemukan lagi bekasnya. Situs Istana Kota Baru sangat mudah dijangkau karena letaknya dekat dengan kantor Bupati Lingga yaitu disebelah selatannya. Untuk mencapai situs dihubungkan dengan jalan tanah selebar 3 meter dari jalan aspal yaitu Jalan istana Robat yang berada disamping kanan kantor Bupati Lingga.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Lingga.pdf
Comments
Loading...