Situs Istana Bahjah dan Taman Pantai Tanjungpinang

0 53

Situs Istana Bahjah dan Taman Pantai

Istana Bahjah adalah istana Raja Ali Kelana, anak YDMR X (Raja Muhammad Yusuf al-Ahmadi, memerintah 1858- 1899). Adapun riwayat Taman Pantai ini belum diketahui secara jelas. Akan tetapi, kemungkinan besar Taman Pantai ini dibuat setelah tahun 1803, yaitu setelah Pulau Penyengat dibuka sebagai tempat tinggal (setelah perkawinan Sultan Mahmud dengan Engku Putri Raja Hamidah). Raja Ali Kelana bin Yang Dipertuan Muda Raja Muhammad Yusuf al Ahmadi adalah seorang tokoh dalam Perhimpunan yang dikenal dengan Rusydiyah Klub.

Situs Istana Bahjah dan Taman Pantai berada satu kompleks dengan Gedung Hakim. Struktur yang masih tersisa pada situs ini adalah dinding bangunan bagian depan yang berjendela semu dengan bentuk lengkung pada bagian atasnya serta anak tangga yang terletak di bagian tengah banngunan. Menurut warga setempat, bangunan ini adalah dapur umum yang menjadi bagian dari Istana Raja Ali Kelana. Di sebelah kiri bangunan terdapat sumur dengan dinding tembok dan dua pintu di kiri dan kanan dengan bentuk lengkung. Di sebelah depan bangunan ini terdapat struktur pondasi bangunan yang kemungkinan merupakan sisa-sisa Taman Pantai.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Tanjung-Pinang.pdf
Comments
Loading...