Situs Gunung Susuru Ciamis

0 358

Lokasi Situs Gunung Susuru

Situs Gunung Susuru terletak di Kertabumi, Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271.

Situs Gunung Susuru

Situs Gunung Susuru ini merupakan patilasan dari Kerajaan Galuh Kertabumi yang didirikan oleh Putri Tanduran Ageung, putri Raja Galuh Salawe yang bernama Sanghyang Cipta. Beliau menikah dengan Rangga Permana, keponakan Prabu Geusan Ulun, penguasa Kerajaan Sumedang Larang.

Wilayah ini adalah sebagai hadiah pernikahan dari sang ayah. Karena berada di pinggir sungai Cimuntur, Rangga Permana, kemudian dikenal sebagai Prabu Di Muntur pada saat dilantik sebagai raja di tahun 1585 M. Beliau memerintah Kertabumi sampai tahun 1602 M yang kemudian digantikan oleh putranya bernama Sang Raja Cita.

Situs Gunung Susuru dibatasi oleh Sungai Cileueur di sebelah Selatan, Cungai Cimuntur di sebelah Utara, Patimuan di sebelah Timur dan benteng kuno di sebelah Barat. Patimuan adalah daerah pertemuan dua sungai Cimuntur dan Cileueur.

Sedangkan benteng kuno, membentang melintasi desa dari sisi Cimuntur ke sisi Cileueur sepanjang kurang lebih 2 Km. Benteng kuno tersebut terbuat dari susunan batu setinggi 1 meter.

Namun sayang, kondisinya kini tidak utuh lagi. Masyarakat yang membangun pemukiman di alurnya memanfaatkan batu untuk pembangunan rumah. Sebagian lagi digunakan pembuatan jalan aspal. Namun di beberapa tempat, pondasi maupun strukturnya masih dapat dilihat walau kurang jelas.

Disebut Gunung Susuru karena di bukit tersebut banyak tumbuh kembang Susuru, yaitu sejenis kaktus yang hanya bisa tumbuh di sana. Konon, Susuru merupakan tumbuhan yang menghiasi taman Keraton Galuh Kertabumi atau dipergunakan juga tanaman pagar keraton.

Sayang, saat ini tanaman tersebut sudah punah. Pada tahun 60-an, masyarakat menggarap bukit tersebut dan menggantikannya dengan jagung. Namun, itu hanya bertahan 15 tahun. Setelah itu, jagung tidak lagi tumbuh subur, perlahan Gunung Susuru ditinggalkan oleh masyarakat dalam keadaan gersang.

Saat dilakukan pengolahan oleh masyarakat tersebut, banyak ditemukan benda kuno, baik yang berbahan tulang, batu, tanah liat, keramik, manik-manik maupun dari besi. Namun karena pemahaman masyarakat tentang nilai sejarah belum tumbuh, benda-benda tersebut banyak yang hilang, atau dijadikan jimat koleksi pribadi. Hanya sebagian kecil saja yang diserahkan kepada pemerintah.

Sisa-sisa temuan yang kini tersimpan diantaranya, fosil tulang dan gigi manusia, kapak batu, dua buah batu slinder, lumpang batu, batu korsi, menhir dan dolmen, batu peluru, piring dan poci keramik serta 3 buah keris dengan luk berbeda.

Source Situs Gunung Susuru Ciamis Jawa Barat
Comments
Loading...