Situs Gunung Selendang Sanga-Sanga Kalimantan Timur

0 120

Lokasi Situs Gunung Selendang

Situs Gunung Selendang terletak di Bukit Selendang, Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. 

Situs Gunung Selendang

Situs ini berada di pinggir jalan raya Sanga-Sanga-Samarinda dengan kontur tanah yang tidak rata. Sisi tenggara dan barat laut merupakan rumah penduduk, sisi timur laut kebun penduduk, dan barat daya adalah jalan raya. Temuannya berupa 53 kubur tempayan terbuat dari bahan stoneware. Setelah dilakukan kegiatan ekskavasi, kotak yang telah digali kemudian ditutup kembali supaya temuan tetap tejaga.

Situs ini merupakan situs penguburan berupa kubur tempayan (tajau) yang di dalamnya berisi tulang belulang manusia antara lain; bagian tungkai, fragmen pinggul, fragmen rahang, gigi, fragmen tengkorak, dan fragmen tulang berukuran kecil yang sulit  dikenali. Secara umum bentuk tajau di situs ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok tajau berbadan ramping dengan bibir bergelombang berdiameter 23,5 cm dan kelompok tajau berbadan tambun dengan bibir polos tanpa hiasan berdiameter 22 cm. Berdasarkan pengamatan terhadap fragmen tajau yang ada, dapat diketahui jika semua jenis tajau yang digunakan sebagai wadah kubur terbuat dari bahan stoneware.

Secara teknis, tajau-tajau ini dibuat dengan teknologi pembuatan keramik yang cukup maju, meskipun belum semaju seperti pada proses pembuatan sebuah porselin. Jenis tajau berbadan ramping di situs sanga-sanga sangat mirip dengan tajau jenis Martavan yang terdapat di Buku “Tempayan Martavan”, yang tingginya sekitar 80 cm, dan mempunyai gambar naga dengan motif awan dan bunga. Martavan adalah salah satu pelabuhan di Birma yang menjadi tempat pengiriman produk keramik jenis tempayan/guci, sehingga tempayan yang dikirim melalui pelabuhan tersebut dikenal dengan sebutan Martavan. Tajau seperti ini banyak diproduksi pada abad 17-18 Masehi di daerah Cina Selatan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/2016/06/situs-gunung-selendang-sanga-sanga/
Comments
Loading...