Situs Gunung Pucangan Jombang

0 50

Situs Gunung Pucangan

Berada di Situs Gunung Pucangan, Desa Cupak, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang. Terdiri dari susunan bata kuno pada bagian dasar dan tiga lapis paling atas ditambahkan bata baru dengan ukuran, warna, dan bentuk yang hampir sama. Sebuah Musholla didirikan diatas susunan bata kuno ini dan lingga semu diletakkan pada bagian depan musholla di bawah pohon beringin.

Latar sejarah struktur kuno ini disebutkan dalam Prasasti Pucangan, yang ditemukan di Gunung Penanggungan, pada satu sisi bertulisan Jawa Kuno dan satu sisi bertulisan Sansekerta.

Pada bagian tulisan Jawa Kuno menyebutkan bahwa pada tanggal 10 paro terang bulan kartika 963 saka (6 November 1041) Airlangga yang bergelar Sri Maharaja Rakai Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawiramottunggadewa, memerintahkan agar daerah-daerah pucangan, Brahem dan Bapuri dijadikan sima untuk kepentingan sebuah pertapaan yang telah didirikannya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi janjinya ketika Pulau Jawa mengalami pralaya sebagai akibat serangan Raja Wurawuri yang menyerbu lawan pada tahun 938 saka (1016) dan mengakibatkan raja yang memerintah sebelumnya berikut beberapa pejabat tinggi lainnya tewas.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjatim/struktur-kuno-desa-cupak-kabupaten-jombang/
Comments
Loading...