Situs Gua Surocolo Bantul Jogja

0 279

Lokasi Gua Surocolo Bantul Jogja

Goa ini terletak di di pedukuhan Ngreco, Pundong, Bantul, Yogyakarta.

Gua Surocolo

Salah satu goa yang cukup terkenal dengan legenda dan juga kisah mistisnya adalah Gua Surocolo yang terletak di Bantul. Goa tersebut bahkan sudah dianggap seperti museum purbakala karena unsur sejarahnya yang begitu kuat.

Selain sejarahnya yang melegenda, goa kecil tersebut menurut beberapa orang juga bisa memberikan kekayaan. Tak heran jika orang-orang luar Bantul mau jauh-jauh datang, membawa beragam sesajen sebagai bentuk keseriusan memohon kekayaan. Ternyata, ada yang melatar belakangi ritual tersebut.

Goa Surocolo tersebut berada di antara dua pohon randu alas raksasa yang diperkirakan usianya sudah ratusan tahun. Di bawahnya, juga terdapat sendang putri dan sendang lanang yang begitu terjaga.

Asal usul Goa Surocolo

Dikisahkan pada zaman dulu, seorang wanita bernama Nyi Rondho memiliki seorang putra yang sakti bernama Joko Umar. Dengan kesaktian yang dia miliki, Joko Umar memang kerap membantu orang lain. Suatu kali, saat terjadinya geger di Trunojo pada tahun 1674 dan runtuhnya Keraton Mataram Hadiningrat, Joko Umar pernah membantu seorang pangeran dan para abdi dalem yang kesusahan menggali tanah yang begitu keras.

Joko Umar pun memutuskan membantu. Konon, saat itu ia hanya menggunakan batok kelapa untuk mengeruk tanah. Meski demikian, ia berhasil dibuat ruangan dengan kedalaman sekitar 6 meter. Melihat kesaktian tersebut, Joko Umar hingga keturunannya pun begitu dihormati. Bahkan, keturunan Joko Umar juga dipercaya menjadi tumenggung dan demang di wilayah Mataram.

Source Situs Gua Surocolo Bantul Jogja Bantul
Comments
Loading...