Situs Gua Made Ngusikan

0 254

Lokasi Situs Gua Made

Situs Gua Made terletak di Dukuh Kedung Watu, Desa Made, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Dulunya Desa Made termasuk dalam wilayah Kecamatan Kudu, namun semenjak ada pengembangan kecamatan di Kabupaten Jombang pada tahun 2008, Desa Made kini masuk dalam wilayah Kecamatan Ngusikan. Situs Kedung Watu berada di kawasan Petak 16 D, BKPH Tapen, Bagian Hutan Mantup, KPH Mojokerto, Perum Perhutani Unit II Jawa Timur. Lokasinya terletak pada 07°24’07,3” LS dan 112°19’05,7” BT.

Situs Gua Made

Situs Gua Made atau disebut juga Situs Kedung Watu. Penemuan Situs Gua Made berawal dari kegiatan penambangan emas liar yang dilakukan oleh penduduk pada tahun 1982. Mereka tidak sengaja menemukan ruangan bawah tanah yang kemudian disebut dengan gua bawah tanah. Pada tahun 1992/1993, lokasi ini ditinjau oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Timur (menjadi BP3 dan kini menjadi BPCB). Pada tahun 2001, peneliti asal Italia melakukan pendataan (dokumentasi foto) yang didampingi oleh petugas dari Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Timur. Kegiatan ini mencatat adanya temuan struktur bata di 3 lubang dan beberapa temuan lepas seperti fragmen gerabah, keramik asing, kerang, dan kerak perunggu. Tim Puslitarkenas dan BP3 Jatim pada tahun 2006 melakukan survei permukaan dan menemukan fragmen gerabah, keramik, celupak, gandik, bandul jala, dan fosil kerang.

Berdasarkan Mitos yang berkembang, Situs Gua Made dipercaya sebagai tempat persembunyian Maling Cluring. Maling Cluring adalah pencuri yang mencuri harta orang kaya untuk dibagikan kepada orang-orang miskin.

Situs Kedung Watu atau lebih dikenal dengan Gua Made merupakan lokasi peninggalan purbakala yang masih menyimpan misteri. Lokasi ini pada tahun 1982 ditemukan secara tidak sengaja oleh para penambang emas liar. Mereka menemukan gua bawah tanah, pecahan-pecahan gerabah dan keramik serta cangkang kerang. Penemuan ini mengundang perhatian seorang pemerhati seni yang berasal dari Italia untuk mengunjungi lokasi Gua Made pada tahun 1998. Semenjak itu, lebih banyak temuan lepas yang dapat dijumpai. Salah satunya adalah topeng.

Source Situs Gua Made Ngusikan Ngusikan
Comments
Loading...