Situs Gua Bloyot Kalimantan Timur

0 88

Situs Gua Bloyot

Situs Gua Bloyot mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Namun bagi peneliti prasejarah dan keanekaragaman hayati dari Perancis dan Indonesia, Gua Bloyot telah menjadi lokasi yang menjadi daya tarik dan menarik untuk diteliti. Situs ini memendam berbagai sejarah bukti kehidupan manusia purba ribuan tahun silam.

Bukti kehidupan purba itu bisa dilihat yaitu adanya telapak tangan manusia purba dan berbagai lukisan dinding lainnya yang berupa lukisan tangan, flora dan fauna. Jalur untuk mencapai Gua Bloyot tersebut memang masih relatif sulit, memerlukan waktu dan hanya dapat diakses dengan jalur darat. Agar bisa sampai ke gua ini, kita harus berjalan kaki dengan menempuh perjalanan sekitar 2 – 3 jam dari kampung Merabu, menyusuri jalan setapak, menembus rapatnya pohon-pohon di dalam kawasan hutan, serta harus mendaki bukit yang terjal untuk dapat menemukan lokasi gua tersebut.

Para peneliti berupaya membersihkan berbagai fosil-fosil yang rata-ratanya berukuran 50 cm x 100 cm. Berbagai batu-batuan, tulang hewan buruan, tengkorak manusia, dan berbagai sisa makanan mereka temukan yang nantinya akan dianalisa guna memberikan informasi usia manusia purba, pola kehidupan dalam mempertahankan hidup yang dapat dilihat dari peralatan meramu makanan dan pola konsumsi, dan juga dapat memberikan informasi gambaran kehidupan manusia purba di masa silam dan pesebaran manusia purba.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/pelestarian-situs-gua-bloyot-pada-kawasan-karst-berbasis-pengembangan-masyarakat-studi-kasus-kampung-merabu-kabupaten-berau/
Comments
Loading...