Situs Goa Bhuta Bondowoso

0 104

Lokasi Situs Goa Bhuta Bondowoso

Situs Goa Buto (atau goa bhuta), berada di Dusun Ampel, Desa Bajuran, Kecamatan Cermee, Bondowoso, Jawa Timur.

Situs Goa Bhuta Bondowoso

Jika diamati dengan seksama, Situs Goa Buto hampir mirip dengan makhluk mitologi hindu yaitu Bhutokala. Disana kita bisa menemukan relief yang masih tersisa, namun sayang situs Goa Buto terancam rusak oleh penjarahan kolektor benda purbakala. Banyak aksi pencurian artefak dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang keberadaan peninggalan bersejarah di Bondowoso menjadi beberapa faktor kerusakan.

Goa Buto menurut beberapa ahli arkeolog merupakan salah satu situs pertapaan hindu yang dulu pernah ada di kota Bondowoso besar kemungkinan sisa kerajaan majapahit atau bisa juga sisa kerajaan Blambangan. DI goa buto dulunya ada dua kepala buto tapi kata warga setempat satu ukiran kepala buto rusak terkena sambara petir, di sana juga ada ukiran aksara jawa kuno yang menurut para ahli tertulis tahun 1314 tahun Caka (saka) ada juga yang menafsirkan tahun 468 saka namun secara kronogram berbunyai “Naga Puspa Catur Aksara”

Akses Menuju Goa Butha

Untuk menuju Situs Goa Buto dari Terminal Bondowoso kita bisa menggunakan bus antar kota dengan tujuan ke Kota Situbondo dengan tarif sekitar Rp.6000,- kemudian turun di Pertigaan Widuri. Dari Pertigaan Widuri dapat dilanjutkan dengan jasa ojek menuju Dusun Ampel atau Jiret Mas. Ssahakan menawar harga pada abang ojek, untuk tarif normal biasanya sekitar Rp.100.000,- untuk pulang pergi sekalian kamu akan diantar menuju Situs Goa Buto. Fasilitas jalan masih jauh dari kata layak, namun jangan khawatir karena di perjalanan kita akan disuguhi oleh panorama lembah-lembah yang menakjubkan.

Source Situs Goa Bhuta Bondowoso Jawa Timur
Comments
Loading...