Situs Giri Kedaton Gresik

0 149

Lokasi Situs Giri Kedaton

Situs Giri Kedaton Gresik lokasinya berada di puncak sebuah bukit pada ketinggian 200 mdpl yang masuk wilayah Dusun Kedaton, Desa Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Situs Giri Kedaton

Pemandangan Situs Giri Kedaton dengan dinding reruntuhan bangunan Giri Kedaton yang mengelilingi puncak bukit bagian tengah atas, serta sebuah papan pamer yang ditempel foto Situs Giri Kedaton di satu sisi dan dibaliknya ditempel kertas yang berisi kisah Giri Kedaton, serta ada sebuah bangunan baru di puncak bukit.

Diantara bangunan Giri Kedaton yang tersisa adalah trap-trapan yang susunan batu batanya masih terlihat rapi. Bangunan baru yang didirikan di tengah Situs Giri Kedaton seperti bangunan setengah hati. Keberadaan bangunan ini menurut hemat saya justru merusak bukan hanya pemandangan di Situs Giri Kedaton, namun juga bobot sejarah situs ini.

Giri Kedaton mengalami puncak kejayaan semasa Sunan Prapen dengan wibawa politik besar. Sunan Prapen yang melantik Sultan Hadiwijaya, Raja Pajang, dan raja-raja Islam Nusantara. Ia juga menjadi penengah Sultan Hadiwijaya dengan para adipati Jawa Timur pada 1568, yang membuat para adipati mengakui kekuasaan Pajang sebagai kelanjutan Kesultanan Demak.

Dua lubang di sisi kanan yang diduga tempat wudu. Di atasnya terdapat empat makam tua yang diantaranya adalah Makam Mpu Supo, pembuat Keris Kala Munyeng milik Sunan Giri. Sedangkan di teras lereng barat terdapat cungkup makam Raden Supeno, putera Sunan Giri. Saat ini telah ditemukan lima teras di Situs Giri Kedaton, mirip punden berundak.

Ketika para adipati Jawa Timur menolak kekuasaan Mataram, Sunan Prapen kembali menjadi penengah antara Panembahan Senopati dengan Jayalengkara, adipati Surabaya, pada 1588. Namun hubungan Giri dan Mataram memburuk ketika Giri dibawah Kawis Guwa, dan Mataram dibawah Sultan Agung yang menginginkan agar Giri tunduk pada kekuasaan Mataram. Giri menolak.

Sultan Agung mengutus iparnya, Pangeran Pekik, putera Jayalengkara dari Surabaya, untuk menyerbu Giri. Giri dikalahkan. Kawis Guwa yang memimpin Giri dibawah Mataram hanya bergelar Panembahan. Namun hancurnya Giri terkait pemberontakan Trunojoyo, yang berlatar kebencian kerabat dan ulama pada Amangkurat I yang bengis, serta berkomplot dengan VOC.

Source Situs Giri Kedaton Gresik Jawa Timur
Comments
Loading...