Situs Gereja Santo Yusup Bintaran Jogja

0 339

Lokasi Gereja Santo Yusup Bintaran

Gereja Santo Jusuf berada di Kawasan Bintaran, tepatnya di Jalan Bintaran Kidul No. 5 Yogyakarta, dari titik nol kearah timur melewati perempatan Gondomanan masuk  jl. Sultan Agung hinga perempatan permata belok kanan sebelah selatan Bakmi Kadin berada di kiri jalan.

Gereja Santo Yusup Bintaran

Gereja ini didirikan pada tahun 1934. Gereja ini merupakan hasil karya arsitek J.H. Van Oyen, merupakan gereja pertama yang diperuntukkan bagi orang-orang pribumi di wilayah Bintaran dan bagian tenggara Kota Yogyakarta. Mgr. Soegiyapranoto pernah menempati gereja ini dan sering menjalin komunikasi dengan para pejabat negara seperti I.J. Kasimo, Presiden Soekarno dll. Pada masa perjuangan kemerdekaan tahun 1947-1948 digunakan sebagai tempat pengungsian penduduk sekitar.

Bangunan berbentuk persegi panjang ini mempunyai arsitektur gaya Eropa. Gereja ini dibangun dengan landasan beton, bentuk atapnya melengkung, pada bagian atap depan terdapat lonceng. Di dinding depan terdapat tujuh buah hiasan bulatan dengan lingkaran cincin yang sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara (Himawan Prasetyo). Bangunan Gereja Bintaran ini menorehkan banyak kisah sejarah pada zaman kolonial Belanda dan bagunan ini digunakan sebagai tempat pertemuan masyarakat serta sekolah anak-anak pribumi pada masa itu.

Gereja St. Jusuf Bintaran merupakan Gereja Jawa pertama yang diperuntukkan untuk orang jawa dan pribumi dengan bentuknya yang unik dan khas hampir tidak ada bangunan yang serupa  di Indonesia dan didunia hanya ada dua, satunya yakni di negara Belanda sebagai induk gerejanya. Saat ini keberadaan Gereja St. Jusuf masuk dalam daftar Cagar Budaya di Indonesia dengan dasar surat Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. PM.25/PW.007/MKP/2007 tentang penetapan Situs dan Bangunan Tinggalan Sejarah dan Purbakala.

Bangunan Gereja Santo Yusup Bintaran

Bangunan Gereja St. Jussuf Bintaran ini memiliki beberapa bagian, bagian pertama ukuran panjang 36 meter sampai dibagian bangku tempat komuni dengan lebar 10 meter, disebelah kanan dan kiri berukuran masing masing panjang 20 meter dan lebar 5 meter, sehingga lebar keseluruhan adalah 20 meter, dengan tinggi 13 meter pada penaung bagian tengah dengan luas keseluruhan 5.024 meter persegi.

Source Gereja Santo Yusup Bintaran Jogja Jogja
Comments
Loading...