Situs Gadungan Yang Terletak di Gunung Kelud

0 73

Situs Gadungan

Situs Gadungan atau disebut juga Candi Gunung Gedang. Situs ini mencakup lokasi yang cukup luas. Tinggalannya juga sangat beragam, mulai dari struktur bangunan hingga tinggalan tinggalan lepas. Pada bagian depan kita bisa melihat struktur gapura. Sedikit bergeser kebelakang ada beberapa tinggalan lepas, dan struktur bangunan berbentuk altar. Pada bangunan altar terdapat sebuah tugu berangka tahun 1231 Saka atau 1309 Masehi. Angka tahun ini lah petunjuk kesejarahan dari Situs Gadungan dan situs-situs di sekitar Gunung Gedang termasuk Candi Wringin Branjang. Kurun waktu tersebut masuk dalam era kerajaan Majapahit.

Selain struktur bangunan yang tersusun dari batu candi, di sekitar Situs Gadungan juga ditemukan struktur berundak yang disusun dari batu-batu alam, keren. Yang lebih keren lagi di utara situs Gadungan ini juga masih bisa dijumpai reruntuhan bangunan lainnya, seperti Punden Mbah Semar, dan Punden Gadungan. Wow luas banget kan cakupan dari situs-situs di seputar Gunung Gedang ini.

Kuat dugaan bahwa Candi Wringin Branjang, Situs Gadungan, dan punden-punden di sekitarnya merupakan satu komplek percandian yang saling berkaitan. Melihat dari keletakannya yang dekat dengan Gunung Kelud, diduga komplek percandian ini diperuntukkan bagi dewa-dewa yang bersemayam di puncak Kelud. Mengagumkan.

Source https://travellersblitar.com/ https://travellersblitar.com/menelusuri-peninggalan-sejarah-di-desa-gadungan-gandusari-blitar/
Comments
Loading...