Situs Duplang di Kota Jember

0 243

Situs Duplang berada di Desa Kamal, yaitu sebuah desa yang terletak di lereng Gunung Argapura, Kec Arjasa, Kab. Jember Provinsi Jatim. Jember, adalah salah satu daerah yang di kenal dengan benda benda bersejarah. Seperti benda – benda purbakala yang merupakan saksi dan bukti bagaimana peradaban manusia pada zaman pra sejarah berlangsung. Salah satu situs kuno yang ada jember yaitu Situs Duplang.

Berada di lahan yang berukuran tidak lebih 10×10 meter ini, Situs Duplang menyimpan sejarah panjang mengenai peradaban manusia nusantara di masa lalu. Sudarman Abdurahim, yaitu juru pelihara situs Duplang, mengatakan, “situs ini munculnya diabad ke-10, bergantian dengan munculnya Candi Borobudur diabad ke-9. Banyak yang mepercayai ini sudah ada sejak abad ke-4. Dan memang disini ini merupakan salah satu perkampungan purbakala di Provinsi Jawa Timur, selain Kendal dan juga Trowulan”.

Situs duplang merupakan situs peninggalan pada zaman megalithikum. Berdasarkan info dari  pemelihara, di dalam situs yang berlokasi di ketinggian antara 270-290mdpl ini memiliki sekitar 69buah batu kenong, 6 buah dolmen, 2 buah batu menhir dan 1 lumpang batu dan kubur peti batu. Pada setiap batu memiliki fungsinya masing masing seperti :

  1. Batu kenong/ Watu Kenong dalam bahasa jawa, fungsinya untuk lokasi persembahan untuk arwah para leluhur.
  2. Dolemn yaitu batu besar/ batu kubur dimana tiap sisinya ditopang engan beberapa batu yang kemudian ditutup engan batu pipih pada bagian atasnya.
  3. Menhir yaitu batuan tegak yang di gunakan sebagai benda pemujaan untuk roh dan arwan para leluhur.

Diketahui bahwa situs ini muncul pada abad ke 10 setelah mahakarya tanpa tanding Candi Borobudur. Pada abad ke-4 Masehi situs ini mengenalkan kita bahwa pada masa lampau di desa ini terdapat kehidupan manusia purba yang berkembang hidup dengan cara berkelompok, menetap dan sudah paham betul tentang cara bercocok tanam dibuktikan dengan adanya peninggalan batu lumpang tersebut. Situs duplang juga sangat bernilai besar dan sangat bepengaruh pada mulanya peradaban manusia di dunia, situs ini merupakan simbol dari akar kekayaan budaya bangsa di masa dulu. Maka dari itu sebagai warga negara Indonesia yang memiliki situs ini sangat lah bangga serta memiliki kewajiban untuk merawat dan menjaganya.

 

Source Situs Duplang di Kota Jember Backpacker Jakarta
Comments
Loading...