Situs Dawangsari Sleman

0 244

Lokasi Situs Dawangsari

Candi ini terletak di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Situs Dawangsari

Situs Dawangsari merupakan salah satu situs yang berada di daerah Kabupaten Sleman. Kabupaten Sleman menurut Mundardjito (2002 : 70) merupakan daerah yang memiliki situs cukup banyak. Tercatat dari 17 kecamatan, tidak ada satu kecamatan pun yang tidak mengandung situs arkeologi. Secara administratif situs ini berlokasi di dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara astronomis dari situs ini terletak di  110⁰29’45.45” BT dan 07⁰46’28.46” LS. Situs ini berada di ketinggian 180 mdpl. Situs Candi Dawangsari terletak pada bentuk topografi dataran tinggi (perbukitan) dan berada satu kompleks dengan situs Candi Barong, yaitu berada di sebelah utaranya.

Dilihat dari bentuk dasarnya yang menyerupai stupa (meski masih berupa kumpulan lepas), situs Dawangsari ini merupakan bangunan peninggalan yang bernafaskan agama Budha. Berdasarkan pendapat itulah, situs ini juga kerap disebut Stupa Dawangsari.

Situs Dawangsari pertama kali disebut di dalam ROD tahun 1915. Sementara Mundardjito sempat menyinggung sekilas tentang candi ini. Mundardjito (2002 : 85) menyebutkan tidak jauh dari situs (Candi Barong), sekitar 200 m di sebelah timur laut, baru-baru ini telah ditemukan pula sebuah bangunan dari batu andesit berbentuk stupa. Ukuran diameternya lebih kurang sama dengan stupa Borobudur. Situs bangunan bersifat agama Buda ini bernama Stupa Candi Dawangsari.

Pemetaan lengkap pada Situs ini dilakukan BPCB Yogyakarta (pada waktu itu masih bernama Suaka Peninggalan Purbakala) pada 1986 / 1987. Penelitian arkeologis di situs Stupa Candi Dawangsari secara intensif mulai berlangsung pada tahun 1987 sampai dengan 1988 / 1989. Sasaran dari prapemugaran tahun 1987 adalah difokuskan pada pendataan situs dan pencarian batu serta pengelompokan batu. Sedangkan kegiatan penelitian tahun 1988/1989 adalah pengumpulan data bangunan yang masih terpendam atau dilakukan ekskavasi.

Source Situs Dawangsari Sleman Jogja
Comments
Loading...