Situs dan Prasasti Geger Hanjuang Kecamatan Leuwisari

0 265

Situs dan Prasasti Geger Hanjuang

Di bukit Geger Hanjuang Desa Linggawangi tepatnya di Kecamatan Leuwisari, terdapat sebuah situs yaitu situs ini di beri nama Prasasti Geger Hanjuang. Di lokasi ini juga di temukan berbagai macam peninggalan sejarah, salah satunya adalah prasasti. Prasasti ini sering di sebut prasasti Geger Hanjuang. Pada lokasi yang sama dan tak jauh dari tempat prasasti ini di temukan  juga di temukan sebuah tempat yang bernama Saung Gede yang pada sejarah di sebut Saung Galah, yang memiliki arti Keraton, yaitu pusat pemerintahan kerajaan Galunggung. Dan kabuyutan Sanghyang Linggawangi adalah sebuah kebuyutan yang di anggap sakral pada jamannya.

Prasasti Geger Hanjuang merupakan prasasti ke – 10 yang di temukan di Jawa Barat. Prasasti ini di temukan oleh K.F Holle, sekitar pada tahun 1877, dan kemudian dibawa dan di simpan oleh Dr. Krom pada tahun 1914. Saat ini prasasti Geger Hanjuang ini tetap terpelihara dan di simpan pada Museum Pusat Jakarta, prasasti ini memiliki nomor inventaris D.26. Dapat di ketahui bahwa prasasti ini di buat pada tahun 1033 saka, atau setara dengan tahun masehi yaitu 1111 Masehi. Dan prasasti ini dibuat setelah prasasti Raja Sunda yaitu Sri Jayabupati yang di temukan di Cibadak Sukabumi ini berusia 81 tahun .

Posisi prasasti Geger Hanjuang dalam urutan pemerintahan raja-raja di Jawa Barat dapat ditempatkan lebih akurat. Dengan ditemukannya naskah Negara Kertabumi yang telah ditranskripsikan oleh Drs. Atja. Naskah pada prasasti ini di tulis dengan huruf serta menggunakan bahasa kuno. Meskipun uraiannya terhitung muda, selesai di tulis pada tahun 1697, namun penulisannya berdasarkan naskah – naskah kuni, infomasi sejarah yang ada padanya sangat tinggi.

 

Source Situs dan Prasasti Geger Hanjuang Situs Geger Hanjuang
Comments
Loading...