Situs Daan Mogot Tangerang

0 44

Situs Daan Mogot

Situs cagar budaya Daan Mogot merupakan salah satu situs cagar budaya yang terdapat dikelurahan Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Situs ini diangkat menjadi cagar budaya di karenakan Daan Mogot adalah seorang perwira militer berpangkat mayor, dan merupakan salah seorang pahlawan nasional yang gugur pada tanggal 25 Januari, tepatnya, di tahun1946, sewaktu terjadi pertempuran di area markas pasukan tentara Jepang di kawasan Kelurahan Lengkong Wetan, menurut cerita Mayor Daan Mogot lahir di Manado, Sulawesi Utara, pada 28 Desember 1928. Nama lengkapnya, Elias Daniel Mogot. Ia anak kelima dari tujuh bersaudara, buah cinta dari pasangan Nicolaas Mogot dan Emilia Inkiriwang. Saudara sepupu Daan Mogot, antara lain Kolonel Alex E. Kawilarang (Panglima Siliwangi serta Panglima Besar Permesta) dan Irjen Pol A. Gordon Mogot, mantan Kapolda Sulut.

Pada tahun 1945 ketika diproklamasikan Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945, Daan Mogot menjadi salah seorang tokoh pemimpin Barisan Keamanan Rakyat (BKR), dan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) dengan pangkat Mayor. Tentu saja ini menjadi sesuatu yang luar biasa, karena pada waktu itu, Mayor Daan Mogot baru menginjak usia 16 tahun. Sejumlah perwira yang tergabung didalamnya adalah Singgih, Daan Jahja, Kemal Idris, Daan Mogot, Islam Salim, Jopie Bolang, Oetardjo, Sadikin dan Darsono (keduanya dari Resimen Cikampek), dan lainnya. Daan Mogot memang terkenal dalam sejarah zaman revolusi perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada pertempuran di hutan karet di kawasan Lengkong Wetan, Serpong, Kota Tangerang Selatan, ketika para Taruna MAT yang dipimpinnya berusaha merebut senjata dari pihak tentara Jepang, pada 25 Januari 1946.

Source http://pelancongudik.blogspot.com http://pelancongudik.blogspot.com/2016/04/melancong-ke-tangsel-ada-daan-mogot.html
Comments
Loading...