Situs Curugbitung Banten

0 97

Lokasi Situs Curugbitung

Situs Curugbitung terletak di dataran rendah, berasal di sembilan desa yaitu Desa Curugbitung, Cipining, Cidadap, Sekarwangi, Ciburuy, Cilayang, Mayak, Candi dan Guradog, Banten.

Situs Curugbitung

Struktur batuan kawasan merupakan satuan batuan beku yang terdiri dari andesit dan basal, sedangkan batuan sedimen adalah tufa, breksi vulkanik dan breksi sesar. Kenampakan singkapan batuan andesit dan basal tersingkap di sekitar air terjun (Curug) Bantahan di Sungai Cibeureum dan batuan tufa tersingkap di sekitar lereng Gunung Anakan atau Pasir Gadung, sementara batuan breksi terdapat di lereng Pasir Ruhkul.

Tinggalan arkeologi yang tersebar di situs itu diantaranya : 1. Situs Candi Situs Cadi terletak di Pasir Tarikolot Candi Desa Candi, lingkungan alam situs ini banyak ditumbuhi pohon karet, melinjo, aren, bambu dan lain-lain. Menurut informasi bahwa pada masa lampau di situs ini pernak terdapat patung bergaya polinesia dan sekarang disimpan di Museum Pusat (Krom, 1914). Di lokasi yang sama juga merupakan arela pertambangan bentonit dan tambang liar batu kalimaya. Adapun gejala arkeologis yang berhasil ditemukan adalah sebuah menhir yang terbuat dari bahan fosil kayu.

Source https://www.blogger.com/about/?r=1-null_user http://ebyanansuherman.blogspot.co.id/
Comments
Loading...