Situs Curug Mas

0 189

Situs Curug Mas

Situs Curug Mas berlokasi di dalam hutan Curug Mas dan termasuk ke dalam wilayah Desa Sukakersa Kecamatan Jatigede. Lokasinya berada di sebelah timur aliran Sungai Cimanuk. Di Situs ini terdapat dua makam yang dianggap keramat yaitu makam Prabu Angling Darma dan makam Embah Dalem Panungtung Haji Putih Sungklanglarang. Ini sesuai dengan penanda dari kayu yang terdapat di pintu gerbang masuk kompleks makam Situs Curug Mas. Salah satu makamnya sudah dikeramik berwarna putih, di bawah rindangnya pepohonan dan rungkun bambu.

Setidaknya ada empat buah makam yang berlokasi di Situs Curug Mas ini. Makam paling bawah sudah diberi keramik, dan lokasinya berdekatan dengan bangunan tempat peziarah berkumpul serta dikelilingi dengan kain berwarna merah-putih. Makam ini dilengkapi nisan dari kayu yang diberi nama Embah Dalem Panungtung Haji Putih Sungklanglarang.

Tiga makam lagi berlokasi lebih ke atas berada di pinggir kiri dan kanan jalan menuju makam Embah Dalem Panungtung Haji Putih Sungklanglarang. Ketiga makam ini tidak terdapat penanda atau nama. Bangunan makamnya masih terbuat dari batu kali dengan nisan juga sama dari batu. Menurut informasi, ketiga makam ini adalah makam Embah Cokrowiryo/Angling Dharma, Uyut Jagadinata, dan Uyut Gelung Sakti.

Situs Curug Mas ini diyakini sebagai tempat menyimpan bokor emas, bakakak (ayam dibelah) emas, dan tumpeng emas. Di lokasi ini juga ada sumur keramat yang dinamai Sumur Bandung. Situs ini oleh masyarakat sekitar dipercaya ditunggu oleh Roh Haji Saleh dan Nyi Mas Ratu Agan Mas (Curug Mas) serta Centring Manik dan Langlang Buana (Sumur Bandung).

Sumur Bandung ini berupa cekungan yang berfungsi sebagai penampung air. Saat ini sumur diberi pembatas dinding tembok dengan tinggi 60 cm. Di bagian barat laut dan selatan terdapat saluran tempat keluar-masuk air. Di bagian dasar sumur terdapat hamparan batu kerikil.

Ke depannya, kawasan Situs Curug Mas ini mernjadi salah satu kawasan yang akan tergenang oleh bendungan Jatigede jika bendungan ini benar-benar diisi dengan air.

Source http://sumedangtandang.com http://sumedangtandang.com/direktori/detail/situs-curug-mas.htm
Comments
Loading...