Situs Candi Umbul Grabag Magelang

0 133

Lokasi Situs Candi Umbul

Situs Candi Umbul terletak di Desa Kartoharjo Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah. 

Situs Candi Umbul

Halaman Candi Umbul menempati tanah seluas 3.562 m2 yang dibatasi oleh pagar tembok keliling dan tanah persawahan di sekitarnya seluas kurang lebih 4.678 m2. Jika dibandingkan dengan posisi Candi ini berada lebih rendah dibanding dengan  dengan lahan yang membatasinya.

Situs Candi Umbul saat ini merupakan bangunan yang memiliki dua bangunan kolam.  Kolam ini berbentuk persegi panjang membentang arah Barat Laut-Tenggara. Masing -masing ukuran kolam tidak sama. Kolam di sebelah barat laut berukuran 8.50 m x 7.0 m dan di sebelah Tenggara 7,15 m x 12,5 m. Sebagian besar bahan yang digunakan untuk dinding kolam adalah batu kulit candi dari batu andhesit.

Pada dinding tangga terdapat hiasan kala. Beberapa artefak ditemukan di area situs seperti batu-batu candi di tengah kolam sisi Tenggara. Temuan tersebut antara lain umpak dan landasan tempat untuk menempatkan miniatur candi. Temuan yag lain adalah relief binatang, arca Agatya, arca Durga, miniatur candi, umpak, yoni dan padmasana. Semua kolam berisi air setinggi 1 m dan air yang mengalir air panas yang keluar dari dasar kolam.

Di Kompleks Candi Umbul ditemukan arca-arca yang mengarahkan pada latar belakang aliran Hinduisme. Arca-arca tersebut adalah Durga, Agastya dan Siwa Mahaguru. Saat dilakukan penelitian hanya dijumpai Arca Durga dan Arca Agastya.

Selain itu latar belakang keagamaan Situs Candi Umbul tercermin pada miniatur candi . Hal ini terlihat dari adanya bilik sebagai tempat arca atau lingga. Miniatur candi bukan merupakan alat yang dipakai sehari-hari melainkan dipergunakan pada masa-masa tertentu yaitu dalam upacara keagamaan.

Indikasi yang dapat menunjukkan masa pendirian Candi Umbul adalah miniatur candi. Adanya profil miniatur candi yang disebut sebagai profil Jawa Tengah dapat disejajarkan dengan Candi yang terdapat di Kompleks Candi Lumbung Sengi. Candi-candi ini dibangun pada peroiode antara tahun 800-850 M atau abad IX Masehi.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/situs-candi-umbul-grabag-magelang/
Comments
Loading...