Situs Candi Tunglur Kediri

0 346

Situs Candi Tunglur terletak di dusun Sumberjo, desa Tunglur. Situs ini di temukan kembali pada Desember 2014 silam dalam kondisi tertimbun tanah. Di ketahui bahwa candi ini di temukan oleh salah seorang warga yang sedang menggali tanah untuk di tanami popon pepeya, lalu kemudian ia menemukan batu bata kuno. Rasa penasaran terus ada, ia terus menggali dan semakin tampak struktur bangunan di dalamnya. Karena takut Takut terjadi hal hal yang tidak diinginkan, beliau melapor ke pemerintah desa dan selanjutnya dilaporkan pada pihak terkait. Akhirnya diketahuilah bahwa yang beliau temukan saat sedang menggali tanah adalah struktur candi.

 

Bagian Situs Tunglur yang terlihat saat ini adalah 3 struktur candi perwara (candi pendamping) dan sebuah candi induk. Semua struktur candi tersebut tersusun dari bata kuno dan berada di bawah permukaan tanah. Jika di amati lapisan tanah yang menimbun situs Tunglur ini berlapis lapis. Ada lapisan yang berpasir, di duga lapisan tersebut merupakan material dari letusan Gunung Kelud. Pada candi induk Situs Tunglur ini sudah terlebih dahulu runtuh. Yang tersisa sekarang hanya tinggal bagian kaki dengan sumuran di tengahnya.

Dilihat sepintas situs ini juga mirip dengan Candi Pundong yang ada di Jombang. Pada candi ini Candi induknya menghadap ke barat. Kemudian di bagian depannya terdapat 3 candi perwara yang menghadap ke candi induk. Candi induk berhadapan dengan candi perwara. Sebenarnya selain struktur bangunan, menurut pengakuan dari salah seorang warga setempat juga di temukan beberapa arca, namun saat ini arca tersebut sudah di amankan ke situs Trowulan, entah arca yang di bawa arca yang mana.

Source Situs Candi Tunglur Kediri D'Travellers
Comments
Loading...