Situs Candi Singasari Malang

0 50

Lokasi Candi Singasari

Candi ini terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singasari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, sekitar 15 kilometer timur laut Kota Malang.

Candi Singasari

Candi ini juga dikenal dengan Candi Menara, nama yang menunjukkan bahwa Candi Singasari merupakan candi tertinggi pada masanya. Candi ini ditemukan pada awal tahun 1900-an dalam keadaan sudah rusak, terutama pada bagian puncak menara.

Candi ini merupakan petilasan Prabu Kertanegara, yang lokasinya tidak jauh dari petilasan tempat mandinya Ken Dedes. Selain itu, tidak begitu jauh dari candi juga ditemukan sepasang arca yang sangat besar, yaitu arca Gupala dan arca Dwarapala. Kedua arca tersebut terbuat dari batu andesit utuh. Kedua arca yang dibangun sangat besar, dan berujud raksasa  itu, oleh masyarakat setempat sering disebut sebagai Mbah Buta.

Bangunan Candi Singasari

Candi Singasari dibangun berdenah empat persegi dengan ukuran 13,84 x 18,34 meter. Struktur candi ini terdiri atas batur (pondasi candi), badan candi, dan atap candi.

Kaki candi ini memiliki keistimewaan bila dibandingkan dengan candi-candi lainnya, yaitu memiliki ruangan, bilik, dan memakai ‘penampil’ di setiap sisinya. Biasanya, keadaan yang demikian terdapat di badan candi. Pintu masuk berada di sebelah barat, diapit oleh relung-rekung kecil. Setiap ‘penampil’ kaki candi ditemukan relung-relung kecil yang berisi arca, serta memiliki atap sendiri-sendiri yang terpisah dengan badan candi, seperti mengitari atap pusat candi yang lebih tinggi. Kepala Kala menjadi hiasan setiap relung pintu.

Atap utama candi terdiri atas tiga tingkatan. Teratas berwujud kubus, wujudnya atap penampil sama dengan atap pusat. Sayangnya, atap tersebut telah ambruk. Pemugaran candi dilakukan pada tahun 1934 dan selesai sampai tahun 1936, sehingga berbentuk sekarang.

Awalnya, Candi Singasari terdiri atas 1 candi induk dan 5 bangunan suci lainnya (candi perwara). Tetapi, 5 bangunan suci tersebut kini tinggal pondasinya saja. Di ruangan utama kaki Candi Singasari ditemukan yoni. Namun tidak begitu jelas arca apa tadinya berada di ruangan tersebut, lantaran sekarang sudah kosong. Arca Durga berada di relung sebelah utara. Ganesha berada di sebelah timur, Agastya (selatan). Selain arca Agastya, semua arca Candi Singasari sekarang berada di Museum Leiden, Belanda.

Source Candi Singasari Malang
Comments
Loading...