Situs Candi Rimbi Jombang

0 275

Bangunan candi yang terletak di desa Pulosari, kecamatan Bareng, Jombang Jawa Timur,ini bernama Candi Rimbi. Lokasi candi ini tepat berada di pinggir jalan raya Bareng – Wonosalam, sehingga keberadaannya dapat dilihat secara jelas oleh pengguna jalan. Posisi candi ini menghadap ke arah barat, kondisinya sekarang sudah runtuh dan hanya menyisakan bagian kaki candi dan separuh tubuhnya. Pada atap candi juga sudah hilang sama sekali tak ada wujudnya. Bangunan yang masih ada sekarang memiliki ukuran panjang 13.24 m, lebar 9.10 m, dan tinggi 12 meter.

Dapat di ketahui bahwa candi ini di temukan oleh Alfred Wallace pada abad ke 19, yaitu pada saat mengoleksi spesies tanaman di kaki gunung Anjasmoro. Pada saat di temukannya candi Rimbi ini,  arca yang bercorak hindu seperti arca dewi Parwati. Sekarang arca arca tersebut di simpan di Museum Nasional dan Museum Trowulan. Keberadaan arca Dewi Parwati tersebut diduga merupakan perwujudan dari Tribhuwana Wijaya Tunggadewi atau Tribhuwana Tunggadewi, Ratu Majapahit yang memerintah pada 1328 – 1350 M. Tribhuwana adalah penguasa ketiga Majapahit. Merupakan puteri dari Raden Wijaya (pendiri Majapahit) dengan Gayatri.

Arca-arca Hindu cukup banyak ditemukan di halaman candi. Sayangnya, arca-arca itu sudah tidak berada dalam kondisi utuh, bahkan beberapa di antaranya hanya menyisakan potongan anggota badannya saja. Sebuah lapik yang terletak di halaman candi menyisakan potongan kaki arca. Sebuah hiasan kala dengan ukuran agak besar juga tergeletak di salah satu sudut halaman candi. Diperkirakan, batu berelief kala ini dahulu digunakan untuk menghiasi pintu masuk ke ruangan (bilik) candi sebagaimana umumnya candi dari masa Klasik.

Ada mitos pada kawasan setempat bahwa keberadaan candi Rimbi ini memang di percaya memiliki kaitan erat dengan kerajaan Majapahit. Pada mitos ini juga menyebutkan bahwa wilayah Jombang di bagian selatan yaitu sekitar Wonosalam merupakan gapura sebelah selatan ibukota / Kutharaja Majapahit. Dan oleh karena itu logo pada Kabupaten Jombang mengambil bentuk gapura yang menyiratkan akna bahwa Jombang merupakan gerbang dari ibukota Majapahit di Trowulan, Mojokerto. Mitos yang lain menggisahkan bahwa Candi Rimbi atau yang biasa disebut Cungkup Pulo adalah makam dari Dewi Arimbi (salah satu tokoh pewayangan, istri dari Bima/ Werkudara). Itu lah asal-usul mengapa candi ini disebut dengan nama Candi Rimbi.

Source Situs Candi Rimbi Gapura Jombang
Comments
Loading...