Situs Candi Padang Laweh Sumatera Barat

0 18

Situs Candi Padang Laweh

Belum diketahui secara pasti tentang latar belakang keberadaan Situs Candi Padang Laweh serta konteksnya dengan Kerajaan Padang Laweh. Masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap situs tersebut. Namun berdasarkan hasil ekskavasi,pada area situs, yang juga diperkuat oleh informasi masyarakat dahulunya, ditemukan struktur bata yang diperkirakan sebagai candi. Diperkirakan situs ini merupakan tinggalan masa Hindu/Budha. Sekarang pada areal sekitar lokasi banyak ditemukan serakan bata candi pada permukaan tanah.

Situs (Featur) Candi Padang Laweh letaknya kurang lebih 100 m sisi Barat dari bangunan Rumah Gadang Kerajaan Padang Laweh. Situs berada di areal perkebunan penduduk yang ditanami pohon kelapa serta ditumbuhi semak belukar. Pada areal tersebut banyak ditemukan pecahan bata candi yang berserakan di antara semak-semak dan ilalang serta akar pohon di atas permukaan tanah. Lokasi ini mempunyai permukaan yang relatif tinggi dari permukaan tanah. Menurut penduduk setempat, dulunya pernah ditemukan struktur/susunan bata candi yang tampak di permukaan kurang lebih 30 cm terdiri dari beberapa lapis. Disebutkan juga bata candi tersebut mempunyai ukuran jauh lebih besar dari bata yang sekarang dengan ketebalan mencapai 8 cm, dengan perkiraan lebar panjang ± 20 x 26 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Dharmasraya.pdf/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Dharmasraya.pdf
Comments
Loading...