Situs Candi Karangnongko Klaten

0 14

Situs Candi Karangnongko Klaten

Terletak tidak jauh dari Situs Candi Merak Klateng, di area persawahan tampak sebuah situs yang jika dicermati lebih dekat hanya terdiri dari tumpukan batu. Sesuai dengan tempatnya berada situs ini disebut situs Candi Karangnongko. Secara administratif situs ini berada di Desa Karangnongko, kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah.

Bangunan Candi Karangnongko kini hanya tertinggal sebagian dari bagian dasarnya. Berdasar data yang tersisa didapat informasi bahwa bangunan candi menghadap ke barat. Bangunan terbuat dari batu andesit. Denahnya berukuran kurang lebih 9 m x 9 m, dengan tinggi kurang lebih 0,50 meter. Situs Candi Karangnongko diduga berlatar belakang Hindu dan dibangun pada abad ke-8-9 Masehi.

Di sekitar halaman candi masih terlihat sebaran batu bata yang mungkin menjadi bagian bangunan candi. Di halaman candi masih tersisa fragmen arca bagian perut ke bawah dalam posisi duduk bersila dengan telapak tangan diatas lututnya. Di sebelah timur candi terdapat sebuah kolam mata air dengan airnya yang jernih. Bagian dasar kolam tersusun dari batu-batu tinggalan pondasi kolam pada zamannya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/situs-candi-karangnongko-klaten/
Comments
Loading...