Situs Bunker Jepang Bakunase 1

0 44

Situs Bunker Jepang Bakunase 1

Bunker Bakunase 1 dibuat ketika jepang menduduki wilayah indonesia dan dibangun untuk tempat persembunyian dan perlindungan dari serangan musuh.

Berdasarkan cerita pemilik bunker ini dibuat dan digunakan oleh jepang. Lokasinya tepat berada di pinggir jalan utama sehingga sangat mudah dicapai dengan berbagai macam kendaraan baik umum maupun pribadi. Di Bakunase terdapat empat buah bunker yang terletak secara terpisah. Bunker yang lainnya semua dalam kondisi rusak dan tidak terawat sedangkan bunker yang dapat dijumpai secara utuh hanya di Bunker Rumah Ibu Elsye. Bunker ini tepat berada di depan rumah Ibu Elsye, akan tetapi tidak dirawat secara berkala sehingga banyak sampah di dalam bunker.

Bunker Bakunase 1 telah diinventarisasi dengan no situs 3/16-03/STS/08 dan nomor bangunan cagar budaya 2/16-03/BNG/03 pada tahun 2015 oleh tim BPCB Bali. Letak bunker Bakunase 1 berada di Jalan Badak No.31, Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Nusa Tengggara Timur.

Riwayat kepemilikan : Pada awalnya tanah ini merupakan milik tetua Ibu Elsye, kemudian pada jaman kolonialisasi Jepang tanah serta kawasan disekitarnya dirampas Jepang. Setelah perang berakhir status kepemilikan kembali ke keluarga Ibu Elsye hingga saat ini.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/situs-bunker-jepang-bakunase-1/
Comments
Loading...