Situs Bukit Kerang Kawal Darat Bintan

0 28

Situs Bukit Kerang Kawal Darat

Situs Cagar Budaya Bukit Kerang Kawal Darat I merupakan bukti peradaban prasejarah yang ada di Bintan, Kepulauan Riau. Penelitian yang dilakukan oleh Balai Arkeologi Medan yang dipimpin oleh Lukas Pertanda Koestoro pada tahun 2008 menyimpulkan bahwa manusia prasejarah di Bukit Kerang Kawal Darat diperkirakan hidup di Zaman Mesolithikum (zaman batu pertengahan). Keberadaan Bukit Kerang Kawal Darat I memberikan gambaran bahwa situs bukit kerang yang berciri budaya Mesolitik tersebut yaitu tersebar di pesisir timur Pulau Sumatera, dari Kepulauan Riau hingga Nanggroe Aceh Darussalam.

Umumnya manusia prasejarah tinggal di sekitar muara sungai, tepi sungai, dan di pesisir pantai. Hal ini terbukti dengan penemuan bukit kerang di Kawal Darat ini yang berjarak 4.7 km dari bibir pantai. Bukit Kerang Kawal Darat I oleh penduduk sekitar disebut juga dengan nama lain situs Kota Batak atau Benteng Batak, terkadang dipanggil Benteng Lanun (Benteng Bajak Laut). Kosa kata “batak” tidak ada kaitannya dengan etnis Batak di Sumatera Utara. Istilah “batak” terdapat pada kosa kata bahasa Melayu lama yang maknanya sama dengan istilah pembatak atau perompak yang dipergunakan dalam cerita tradisonal “Makyong” di Mantang Arang dan Kampung Keke Kijang, Bintan. Pembantak dalam cerita teater tradisonal tersebut diartikan sebagai orang jahat.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Bintan.pdf
Comments
Loading...