Mengenal Prasasti Tengaran atau Prasasti Geweg Di Jombang

0 224

 Prasasti Tengaran atau Prasasti Geweg

Prasasti Tengaran atau sering di sebut juga dengan Prasasti Geweg ini terletak di Desa Tengaran, Kecamatan Peterongan, Kota Jombang. Lokasi prasasti ini masih insitu  atau berada pada posisi semula saat prasasti ini ditemukkan. Saat ini area sekitar prasasti  merupakan area persawahan. Rute untuk menuju Prasati Tengaran sebagai berikut: Jombang – Jl. Gus Dur – Jl. Soekarno Hatta – belok ke arah Terminal Jombang – perempatan terminal lurus ke utara mentok belok kiri – pertigaan belok kanan lurus ikuti jalan – Desa Tengaran.

Dapat di ketahui juga prasasti ini terbuat dari bahan batu andesit, parasasti Tengaran atau prasasti Geweg ini memiliki ukuran dengan tinggi 124 cm dengan ukuran  lebar 78 cm. Prasasti ini juga di tulis dengan aksara jawa kuno dan dalam bahasa jawa kuno. Prasasti tengeran juga tersusun menjadi 7 baris, yaitu pada sis A dan 16 baris pada sisi B. Di sekitar prasasti juga ditemukan beberapa batu bata kuno berukuran besar.

Prasasti ini juga sering di sebut dengan Prasasti Gaweg karena pada prasasti ini  memuat tentang penetapan Desa Geweg adapun desa Geweg itu sendiri merupakan suatu desa yang kuno, yang sekarang  masuk dalam satu wilayah Desa Tengaran. Penetapan Prasasti Gaweg dan desa Gaweg dilakukan pada tanggal 6 paropeteng bulan srwana tepatnya pada tahun 857 saka atau setara dengan tanggal 14 Agustus tahun 935 M, oleh Mahamantri pu Sindok san srisanotunggadewa bersama rakyan sri parameswari sri wardhani Kbi umisori.  Dan Mpu Sindok sendiri yang merupakan raja Medang / raja Mataram Kuno periode Jawa Timur, dan sedangkan Kbi umisori  di duga merupakan permaisuri dari Mpu Sindok. Mpu Sindok yang merupakan keluarga kerajaan Wangsa Sanjaya akhirnya memboyong pusat pemerintahan Mataram Kuno dari Jawa Tengah ke Jawa Timur dan mendirikan Wangsa Isana, oleh sebab itu Wangsa Isana oleh para sejarawan disebut sebagai Mataram Kuno periode Jawa Timur.

Source Prasasti Tengaran Gapura Jombang
Comments
Loading...