Situs Budaya Banker Jepang Balikpapan

0 251

Situs Budaya Banker Jepang Balikpapan

Balikpapan sebagai salah satu Kota di Kalimantan Timur yang memiliki banyak tinggalan cagar budaya. Hal ini disebabkan karena perkembangan Kota Balikpapan yang memiliki sejarah panjang. Berawal dari penemuan minyak sebagai komoditas utama pada waktu itu, hingga berkembang menjadi kota industri dan menjadi bagian dalam sejarah perang dunia II. Perkembangan tersebut meninggalkan jejak sejarah yang hingga kini masih bisa disaksikan.Salah satu peninggalan sejarah tersebut ialah bunker. Berdasarkan data registrasi dan inventaris cagar budaya Kota Balikpapan tahun 2010, terdapat 19 bunker yang merupakan peninggalan Jepang. Lokasi bunker tersebut tersebar di berbagai kawasan di Kota Balikpapan.

Pada perang dunia kedua Balikpapan menjadi salah satu kota yang diserang oleh pihak sekutu. Untuk mempertahankan kota Balikpapan dari tentara sekuru para tentara jepang membangun banker sebagai tempat penyerangan sekaligus pertahan. Konon banker ini dibangun oleh jepang saat berhasil merebut balikpapan dari tangan hindia belanda. Tentara jepang membangun banker di daerah pesisir pantai sebagai antisipasi jika musuh datang menyerang dari arah laut. Banker ini berada di kecamatan balikpapan timur. Di daerah ini terdapat 21 banker peninggalan perang dunia kedua. Sejarah banker jepang yang ada di balikpapan ini bisa menambah wawasan mengenai perang dunia kedua.

Berdasarkan laporan dari tribun KalTim pada tanggal 3 januari 2015 peninggalan banker – banker saat ini kondisinya sangat memprihatikan dibandingkan dengan rumah – rumah mentereng yang sudah bercat disekitarnya. Banker – banker ini dibiarkan begitu saja dan tidak terawat.  Jarak banker satu dengan banker yang lainnya saling berdekatan hanya 10 – 20 meter. Ada beberapa banker terlihat gompel dan ada juga bolong karena kikisan air laut.

Tampak disekeliling banker dipenuhi lumut. Mirisnya lagi bangunan ini beralih fungsi menjadi tempat cuci piring oleh warga sekitar. Hal ini sangat disayangkan karena peninggalan sejarah yang seharusnya dilestarikan dan dirawat malah menjadi tempat yang salah digunakan dan tidak semestinya. Berharap pemerintah setempat mempunyai inisiatif untuk memperbaiki banker peninggalan sejarah tersebut.

Source Situs Budaya Banker Jepang Balikpapan Miris, Bunker Bersejarah Peninggalan Perang Dunia Kini Jadi Tempat Cuci Piring
Comments
Loading...