Situs Beto Labeng Bondowoso

0 112

Lokasi Situs Beto Labeng

Situs Beto Labeng ini berada di Desa Wringin Kecamatan Wringin, Bondowoso, Jawa Timur.

Situs Beto Labeng

Beto Labeng merupakan situs peninggalan sejarah, Betho dalam bahasa Madura berarti Batu dan Labeng berarti Pintu. Disebut batu pintu atau Betho labeng karena bentuknya seperti pintu gerbang. Betho labeng ini berukuran cukup besar, dengan lebar batu sekitar 5 meter dan tinggi sekitar 7-8 meter.

Jika diperhatikan benar-benar, batu ini sebenarnya terdiri dari beberapa batu yang disusun sedemikian rupa. Yang menarik adalah batu purna ini disusun tanpa menggunakan perekat dan tetap kokoh sampai sekarang, tidak goyah sedikitpun.

Pemandangan disekitar Betho Labeng sangat indah. Kecamatan Wringin yang dikelilingi bukit serta areal persawahan berbentuk terasering semakin menambah daya tarik situs purbakala ini. Mengunjungi Betho Labeng, kita seperti tengah berjalan menggunakan mesin waktu. Dari sini, kita bisa melihat bahwa manusia telah berevolusi, mulai dari membangun peradaban di jaman batu sampai di jaman digital seperti sekarang.

Akses Menuju Situs Beto Labeng

Untuk mengunjunginya, jika kalian menggunakan bus, sila bertanya pada kondektur bus yang kalian naiki. Tanyalah lokasi situs Beto Labeng nanti kalian akan diturunkan di jalan menuju ke situs. Dilanjutkan berjalan kaki sekira setengah kilometer. Jika masih takut tersesat mintalah warga untuk mengantarkan ke situs megalitikum.

Jarak Betho Labeng dari kota Bondowoso sekitar 30 kilometer dan bisa ditempuh sekitar 30 menit. Untuk sampai ke tempat ini, wisatwan harus menempuh perjalanan dengan jalan yang berkelok-kelok. Jalan menuju kecamatan Wringin sudah cukup bagus, namun harus berhati-hati karena terdapat tebing-tebing yang masih rawan longsor, terutama pada musim hujan. Situs batu purba “Betho Labeng” berada tidak jauh dari jalan raya. Perlu sedikit berjalan kaki sebentar karena batu purba ini berada diatas sebuah tebing.

 

Source Situs Beto Labeng Bondowoso Jawa Timur
Comments
Loading...