Situs Benteng Bangkudu Sulawesi Tenggara

0 70

Situs Benteng Bangkudu

Benteng Bangkudu berada pada titik koordinat 04° 45’ 10.9” LS – 123° 10’ 41.6” BT dengan ketinggian 71 m diatas permukaan laut. Situs ini terletak di sisi jalan poros pertigaan yang menghubungkan antara jalan menuju Kota Ereke, Pelabuhan dan Bau-Bau. Untuk mencapai situs ini terlebih dalulu melewati jalan setapak dengan menaiki bukit hingga kemiringan mencapai 45 – 50° sejauh ± 300 m.Benteng berada di perbukitan dengan vegetasi belukar, beringin, pohon mete, pohon kelapa dan beragam tanaman perdu.

Secara administratif situs masuk dalam wilayah Kampung Eelahaji desa Kalibu kecamatan Kulisusu kabupaten Buton Utara. Benteng Bangkudu tidak memiliki pola dasar benteng yang simetris, dikarenakan struktur dinding benteng dibuat mengikuti kontur permukaan bukit.Berdasarkan hasil tracking menggunakan GPS, Benteng Bangkudu terbagi atas tiga petak yakni; Petak Bale Banawa pada sisi barat, Petak Poniki pada bagian tengah, dan Petak Cina Laguna disisi timur.

Luas benteng Bangkudu mencapai 5.24 ha dengan panjang struktur benteng mencapai 2188 m dan ketebalan dinding mencapai 1 sampai 3 m dengan tinggi 30 cm sampai 2 m, pada beberapa bagian sisi dalamnya berundak membentuk jalan setapak menyerupai jalan patroli. Pintu masuk benteng berjumlah lima buah dan berukuran kecil. Pada beberapa sisi dinding benteng terdapat pola dinding seperti bastion. Dinding sisi timur dan dan sisi utara Petak Cina Laguna telah dipugar oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, hal ini nampak pada susunan batunya lebih rapi dengan menggunakan bahan perekat semen.

Bukit Bangkudu diyakini sebagai wilayah awal bermukimnya masyarakat Kulisusu, dan kemudian menyebar kedaerah sekitar sehingga lokasi ini kemudian menjadi tak berpenghuni.Dalam perkembangan Kerajaan Kulisusu, ketika Suku Tobelo menyerang dan berhasil menduduki Benteng Lipu, seluruh masyarakat benteng kemudian mengungsi di Bangkudu dan kemudian kembali bermukim dengan membangun benteng yang lebih besar.

Terdapat pula tinggalan arkeologis lain didalam Benteng Bangkudu yang meliputi; makam kuno, meriam, gong, fragmen keramik, serta beberapa antara lain; kamali, baruga, bale banawa yang berkaitan erat dengan eksistensi Benteng Bangkudu sebagai benteng kuno.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/445/
Comments
Loading...