Situs Batur Agung Banyumas

0 192

Lokasi Situs Batur Agung

Situs Batu Agung terletak di Dusun Pondok Lakah, Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah. 

Situs Batur Agung

Bangunan cungkup Situs Batur Agung itu, yang orang Banyumas menyebutnya cungkub (dengan berat), berukuran sekitar 4 x 5 meter yang belakangan saya lihat berisi beberapa artefak dan sebuah arca peninggalan Hindu. Area di sekitar cungkup Situs Batur Agung ini relatif bersih dan rapi, menunjukkan bahwa ada yang merawatnya dengan baik dan sering dikunjungi. Sebuah batu purba yang ditatah halus terlihat di sekitar cungkup Situs Batur Agung. Rimbun pohon tinggi yang lebat, serta curah hujan di kaki Gunung Slamet yang lumayan tinggi membuat batu-batuan di situs ini kebanyakan telah ditumbuhi lumut tebal.

Situs Batur Agung rupanya dipercaya sebagai petilasan Raden Kamandaka, atau Raden Banyak Cotro, putra Prabu Dewa Niskala Raja Kerajaan Pajajaran (Kawali). Nama Kamandaka sangat dikenal oleh masyarakat Banyumas, diceritakan turun temurun dalam kisah legenda Lutung Kasarung. Jaman ketika masih kecil, saya cukup sering mendengarkan siaran sebuah stasiun radio lokal yang mengudarakan kisah ini secara bersambung.

Situs ini berupa punden berundak yang memiliki tiga teras, dengan orientasi Utara Selatan, menggunakan Gunung Slamet sebagai kiblat yang dipercaya sebagai persemayaman akhir arwah leluhur. Namun arca dwarapala menunjukkan adanya pula peninggalan budaya Hindu di tempat ini. Sobirin sempat mengajak kami berjalan ke arah pintu masuk Situs Batur Agung, lalu berbelok ke kanan memasuki jalan setapak yang memutari hutan. Di satu tempat terbuka di dalam hutan kami berhenti dan melihat ada menhir batu cukup besar dan lingga kecil yang biasa digunakan sebagai sarana pemujaan bagi arwah nenek moyang.

 

Source Situs Batur Agung Banyumas Jawa Tengah
Comments
Loading...