Situs Batu Tondon

0 75

Situs Batu Tondon

Situs Batu Tondon yang terdapat di sekeliling masjid merupakan situs gunung berupa hamparan batuan andesit dengan berbagai bentuk goresan pada permukaannya. Goresan di hamparan batuan tersebut memiliki beragam bentuk. Bentuk goresan batu yang sering terlihat adalah garis sejajar, garis dua Romawi, garis silang, garis pagar, garis kotak menyilang, garis bintang, dan garis kotak. Selain goresan yang berbentuk, banyak pula goresan yang bentuknya tidak beraturan. Goresan pertama adalah bentuk garis sejajar. Goresan garis sejajar adalah goresan garis lurus yang berjejer dan tersusun sejajar.

Panjang garis yang paling pendek 8 cm dan yang paling panjang 40 cm. Jumlah goresan yang terlihat di garis sejajar ada tiga garis dan ada pula hingga 27 garis. Kedua adalah bentuk garis dua Romawi. Selanjutnya, goresan lainnya ada yang berbentuk angka II. Bentuknya berupa dua garis horisontal yang sejajar dan disilang oleh dua garis vertikal di bagian sudut atas dan di bagian sudut bawah.

Selain itu, juga ada goresan berbentuk garis silang di mana garis diagonal yang saling menyilang. Ukuran garis yang paling kecil 10 cm dan yang paling besar 50 cm, serta ada goresan yang berbentuk garis pagar. Goresan garis pagar itu terbentuk dari goresan garis vertikal yang tersusun berjejer dan di bagian tengah disilang oleh satu garis horisontal. Tak hanya itu, di sekeliling masjid juga terdapat tumpang dan batu berlubang.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/regional/read/2635276/masjid-kayu-peninggalan-zaman-prasejarah-di-situs-batu-tondon
Comments
Loading...