situsbudaya.id

Situs Batu Ranjang Pandeglang

0 80

Lokasi Situs Batu Ranjang

Situs Batu Ranjang terletak di Kampung Batu Ranjang, Desa Batu Ranjang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Situs Batu Ranjang

Situs Batu Ranjang merupakan salah satu dari sekian banyak peninggalan tradisi megalitikum atau zaman batu besar di daerah Banten. Situs Batu Ranjang berupa dolmen dengan batu-batu kecil penunjang di bagian bawah.

Situs Batu Ranjang termasuk peninggalan megalitikum yang rapi dengan bagian permukaan cukup halus. Peninggalan zaman megalitikum di Situs Batu Ranjang ini menggunakan pengerjaan baik sehingga bagian atas batu rata.

Dolmen Batu Ranjang memiliki ukuran 100 cm x 250 cm. Penamaan “batu ranjang” diberikan masyarakat setempat karena batu ini menyerupai ranjang atau tempat tempat tidur.

Bagian batu-batu penunjang atau penyangga dolmen terdiri dari batu kecil sederhana dan sebagian lain berukir. Di dekat dolmen terdapat batu lain berukuran kecil.

Dolmen berfungsi sebagai tempat penguburan atau meletakkan jenazah, atau untuk tempat pemujaan arwah leluhur dengan meletakkan sesajian di atasnya. Pada masanya, dolmen menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan kepercayaan masyarakat.

Source https://merahputih.com/ https://merahputih.com/post/read/situs-batu-ranjang-jejak-megalitikum-di-lereng-pulosari-pandeglang
Comments
Loading...