Situs Batu Pait Kalimantan Barat

0 7

Situs Batu Pait

Situs Batu Pait berada Desa Pait, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Situs ini terletak di sebidang tanah datar yang dikelilingi bukit-bukit kecil tepi sebelah barat Sungai Mahap dan di tepi selatan Dusun Pait. Untuk menuju situs dapat dicapai dengan kendaraan bermotor roda empat dari Sekadau ke Nanga Mahap yang jaraknya 60 km. Kemudian dari Nanga Mahap dilanjutkan dengan sepeda motor hingga ke lokasi situs yang jaraknya sekitar 20 km. Apabila musim hujan perjalanan dari Nanga Mahap dilakukan melalui Sungai Mahap dan Sungai Tekarik dengan menggunakan perahu bermotor. Perahu motor hanya dapat masuk pedalaman hingga Dusun Sebabas. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 8 km.

Penemuan Situs Batu Pait kali pertama dilaporkan pada 1914. Dalam laporan itu disebutkan bahwa di tepi Sungai Tekarik (cabang Sungai Kapuas) ditemukan satu prasasti yang dipahatkan pada batu granit (?) yang berukuran 4 x 7 meter (tinggi empat meter merupakan tinggi yang tampak dari permukaan tanah).

Prasasti yang berisi tentang mantra-mantra Buddha (ye te mantra) itu jelas masih in-situ. Mantra-mantra Buddha itu dituliskan di antara tujuh relief stupa namun keadaannya sudah aus dan sulit untuk dibaca. Krom berpendapat bahwa mantra-mantra Buddha tersebut ditulis pada sekitar abad ke-7 Masehi. Wales berpendapat bahwa Prasasti Batu Pait berasal dari sekitar abad ke-6 Masehi sedangkan Chabbra dan O’Connors berpendapat bahwa prasasti ini berasal dari masa yang lebih muda dari yūpa di Kutai yang berasal dari sekitar abad ke-5 Masehi.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/2190/
Comments
Loading...