Situs Batu Kepapang Lampung

0 23

Situs Batu Kepapang

Batu Kepapang adalah sebuah situs yang terletak di Pekon Kenali, Kecamatan Belalau. Situs ini berada di belakang SDN 1 Kenali. Pagar semen mengelilingi areal situs yang ditumbuhi tanaman cokelat, pisang, dan berbagai tanaman kebun. Situs ini terletak di tanah penyimbang (sai batin dalam bahasa setempat).

Di sini terdapat sebuah marmer bertuliskan “Situs Batu Kepapang” yang ditandatangani Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. Marmer ini ditempel di pagar tembok yang baru dibuat. Menurut warga, situs ini nyaris terbengkalai. Baru dipagar setelah diberi bantuan Gubernur Rp5 juta.

Ada dua riwayat Batu Kepapang. Pertama, cerita yang menyatakan kalau situs ini peninggalan masyarakat Tumi yang merupakan nenek moyang orang Lampung yang tinggal di Kerajaan Skalabrak.

Kisah kedua, Batu Kepapang digunakan pada zaman kemerdekaan untuk mengadili atau memotong orang-orang. Namun, kisah ini tidak begitu dikenal masyarakat. Masih diragukan kebenarannya.

Source https://semuatentangprovinsi.blogspot.com https://semuatentangprovinsi.blogspot.com/2017/10/peninggalan-sejarah-provinsi-lampung.html
Comments
Loading...