Situs Batu Itam Bangka Belitung

0 111

Lokasi Situs Batu Itam

Situs Batu Itam ditemukan di Kelurahan Batu Itam, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Situs Batu Itam

Batu Itam merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Di perairan Batu Itam ini, pada tahun 1998, penyelam teripang tradisional Belitung menemukan harta karun berupa mangkuk –mangkuk serta guci antic sekitar 3 kilometer dari pantai Belitung. Penemuan ini kemudian menjadi awal ditemukannya 60.000 keping Barang-barang muatan kapal tenggelam (BMKT) yang sangat berharga dalam dunia Arkeologi bawah laut dunia.

Temuan tersebut kemudian diteliti umurnya lebih lanjut dengan metode karbon, dan hasilnya menunjukkan bahwa usia BMKT tersebut sekitar 1.200 tahun. Diperkirakan kapal tersebut tenggelam karena menabrak karang yang memang banyak terdapat di perairan tersebut.Temuan ini kemudian di ekskavasi oleh perusahaan Jerman.

Barang-barang Muatan kapal tenggelam yang ditemukan di Batu Itam tersebut sekarang di dunia terkenal dengan sebutan Belitung Shipwreck atau Tang Shipwreck atau Batu Itam Shipwreck. Belitung Shipwreck merupakan harta karun yang ditemukan di dasar laut Pulau Belitung yang dibawa oleh kapal kargo dengan muatan keramik dari Changsha, Provinsi Hunan, China di tahun 838 M dan barang berharga lainnya seperti perak, damar, lada dan wadah-wadah emas.

Selain muatan berharga yang dibawa, yang menarik adalah bahwa kapal tersebut ternyata merupakan kapal Arab (Dhaw). Penemuan kapal ini juga yang menjadi inspirasi dibuatnya “Jewel of Muscat”, kapal persembahan Sultan Oman untuk Singapura yang dianggap berperan penting dalam penemuan tersebut. Kargo Belitungwreck saat ini tersimpan di the Maritime Experential, Singapore.

Source Situs Batu Itam Bangka Belitung Bangka Belitung
Comments
Loading...