Situs Amoghapasa Bukit Braholo Sumatera Barat

0 15

Situs Amoghapasa Bukit Braholo

Situs Bukit Braholo, Rambahan merupakan lokasi ditemukannya Arca Amogapasha yang dikirimkan oleh Raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari kepada kerajaan Melayu Dharmasraya. Arca Amoghapasa, hadiah dari raja Kertanegara pada tahun 1286, sebelas tahun sesudah keberangkatan tentara Singasari ke negeri Melayu, ditempatkan di Dharmmacraya. Arca tersebut diangkut dari Jawa ke Suwarnabhumi untuk dihadiahkan kepada Crimat Tribuwanaraja Mauliwarmmadewa. Secara umum, Arca Amoghapasa ditemukan di Bukit Braholo Rambahan, sedangkan lapiknya ditemukan di daerah Padang Roco, Sungai Lansat.3 Pengiriman Arca Amoghapasa kemudian diperkirakan sebagai salah satu bentuk persahabatan/persekutuan antara Kerajaan Singasari dan Kerajaan Melayu Dharmasraya. Sekarang arca maupun lapiknya berada di Museum Nasional, Jakarta. Pada tanggal 22–28 Juli 2006 telah diadakan ekskavasi oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Batusangkar. Hasil ekskavasi tersebut dapat menemukan sisa-sisa struktur bata yang diperkiraan membentuk konfigurasi bangunan bujur sangkar berukuran 9 m x 9 m.

Situs Amoghapasa Bukit Braholo berada di tepi sebelah Selatan Sungai Batang Lalo yang merupakan anak Sungai Batanghari. Sekarang lokasi situs bekas ditempatkannya arca Amoghapasa sudah berupa semak-semak dan dikelilingi hutan karet. Tinggalan yang masih terlihat berupa bekas tanggul kuno yang membatasi lokasi situs dengan tebing Sungai Batanglalo. Berdasarkan hasil ekskavasi yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Batusangkar pada tanggal 22–28 Juli 2005ditemukan sisa-sisa struktur bata yang diperkiraan membentuk konfigurasi bangunan bujur sangkar berukuran 9 m x 9 m. Dan ditemukan beberapa pecahan keramik China, tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit sekali. Selain itu juga ditemukan batu ornamental berbentuk roda dengan gambar kuda yang dibuat dengan cara dipahat.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Dharmasraya.pdf
Comments
Loading...