situsbudaya.id

Sisa Struktur Bangunan Eks Pabrik Kertas Kalimantan Selatan

0 44

Sisa Struktur Bangunan Eks Pabrik Kertas

Keberadaan kompleks Industri Jepang di Tanah Laut salah satunya adalah struktur bangunan eks pabrik kertas. Secara astronomis, sisa struktur ini berada pada posisi 50 N 0261606 9582891 UTM, dengan ketinggian sekitar 55 m dari permukaan laut. Batas geografis struktur tersebut adalah kebun kopi dan pisang di sebelah utara, jalan pengerasan di sebelah selatan, dan rumah warga di sebelah timur dan barat.

Akses menuju bangunan eks pabrik kertas tergolong mudah karena dapat ditempuh dengan roda dua dan roda empat dengan melewati jalan pengerasan lalu jalan setapak. Sedangkan untuk bisa sampai pada situs tersebut, dapat ditempuh dengan berjalan kaki melewati rumah warga dengan kondisi jalan yang landai sekitar 50 m dari jalan setapak.

Sama halnya dengan pabrik baja, pabrik kertas ini juga tersisa reruntuhan saja. Tinggi sisa reruntuhan bangunan + 1 m, dengan bagian bata terdiri dari enam sisi dan bagian yang lebar atau bidang datar disusun memanjang atau strek dan disusun secara melebar atau kop, dengan mengunakan perekat atau spesi yang terbuat dari pasir dan semen. Dari informasi Bapak Nurdin, bangunan pabrik tersebut sangat besar, namun sejumlah besar bata dari bangunan sudah dipindahkan oleh warga sekitar dan sebagian tanah di lokasi tersebut telah dibangun rumah warga. Sejarah keberadaan pabrik tersebut juga masih sangat kurang sehingga dibutuhkan penelusuran lebih lanjut terkait hal tersebut.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/tinggalan-industri-jepang-di-tanah-laut/
Comments
Loading...