Sekolah Penerbangan Belanda Kalijati

0 154

Lokasi Sekolah Penerbangan Belanda

Sekolah Penerbangan Belanda terletak di Kompleks Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Jawa Barat.

Sekolah Penerbangan Belanda

Gedung bekas Sekolah Penerbangan jaman Belanda juga berada di komplek Lanud Suryadarma, Kalijati. Gedung bergaya postmodern yang sekarang untuk Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan, Komando Pendidikan TNI Angkatan Udara

Bangunan fisik gedung bagian bawah dari bahan batu dan bagian atas bata. Pada setiap jendela dan pintu terdapat garis-garis mendatar sebagai ciri khas gaya postmodern. Gerbang masuk berada di tengah bangunan dilengkapi kanopi yang disangga dua tiang tuscan. Bagian gerbang masuk ini berlantai dua dengan atap berbentuk limas.

Masih dalam kaitan dengan Sekolah Penerbangan, sekarang didirikanlah museum hidup yang bernama Museum Amerta Dirgantara Mandala bertempat di hanggar E Lanud Suryadarma. Di dalam hanggar terdapat beberapa pesawat tua yang selalu dirawat sehingga secara teknis, mesin setiap pesawat dalam keadaan baik. Bahkan beberapa pesawat tua dalam kondisi mampu terbang. Kondisi demikian inilah yang dijadikan alasan untuk pemberian istilah “museum hidup”.

Pesawat yang menghuni hanggar E misalnya pesawat amphibi serbaguna Grumman Goose – Albatros dengan nomor registrasi PB – 521. Pesawat yang mampu membawa delapan penumpang ini merupakan buatan Canada. Selanjutnya adalah pesawat transport Lockheed 12 (C-40) yang juga buatan Canada. Pesawat ini mampu membawa 6 penumpang. Selain dua pesawat itu masih banyak lagi pesawat ringan lainnya termasuk diantaranya pesawat tidak bermesin (glider). Beberapa pesawat ringan ini masih aktif terbang khususnya setiap hari Sabtu. Para atlet olahraga dirgantara berlatih menambah ketrampilan setiap hari Sabtu. Para pengunjung yang berminat pun dipersilakan mencoba menerbangkan pesawat dimulai dari pesawat ringan jenis glider.

Di bagian dalam museum hidup terdapat salah satu ruangan yang berisi benda-benda peninggalan Sekolah Penerbangan jaman Belanda. Benda-benda tersebut misalnya alat komunikasi telepon, pakaian penerbang, dan panci nasi untuk menyiapkan makan para kadet Sekolah Penerbang Lanjutan. Di samping benda-benda itu juga terpampang foto-foto lama kegiatan sekolah penerbang. Pada dinding ruangan juga terpampang foto Marsekal TNI R. Suryadi Suryadarma.

Source Sekolah Penerbangan Belanda Kalijati Jawa Barat
Comments
Loading...