Sejarah Wisma Gending

0 239

Wisma Gending

Awal berdirinya dikenal dengan nama Villa Nani. Gedung yang didirikan pada tahun 1889 ini masih berdiri kokoh dan terawat dengan lokasi di tengah-tengah kota Sumedang. Hal ini tidak lepas dari pengelola Wisma Gending ini, yaitu Yayasan Gending Sinangling. Yayasan yang didirikan oleh H.M. Atang Sumantri ini menjadi pengelola setelah Wisma Gending ini berganti kepemilikan ke tangan Ir. H. Udin Abimanyu.

Sebelumnya Gedung ini dimiliki oleh keluarga keturunan dalem Bandung. Dalem Bandung, RAA Martanegara merupakan pemilik sekaligus yang mendiami Wisma ini jauh sebelumnya, ketika masih jaman penjajahan Belanda. Pada tahun 1920 dan tahun 1929 beliau melakukan renovasi pada gedung Wisma ini.

Sebelum berganti kepemilikan, Wisma yang beralamat di Jalan Pangeran Santri No. 43 Sumedang ini kurang begitu terawat. Namun setelah berganti kemepilikan dan dikelola oleh Yayasan Gending Sinangling, Wisma ini ditata kembali. Termasuk dilakukannya renovasi pada tahun 2002. Sehingga siapapun yang mengunjungi Wisma ini akan merasakan suasana kehidupan dalem sebagai bangsawan Sunda jaman dulu. Arsitektur bangunan, berbagai ornamen yang ada dan furniturenya sangat kental dengan suasana saat itu.

Sesuai dengan nama Yayasan yang mengelolanya, yaitu Gending Sinangling yang berarti Gending yang bercahaya, memiliki harapan bahwa Wisma ini bisa memberikan pesona baru. Gending yang terus memberikan banyak manfaat bagi semua orang. Untuk mencapai harapan ini, Yayasan Gending Sinangling mulai membuka diri dengan menawarkan berbagai fasilitas yang ada di Wisma Gending ini.

Wisma Gending bisa dijadikan tempat untuk melaksanakan berbagai kegiatan atau acara atau bahkan pesta. Kegiatan pernikahan, seminar, rapat maupun pertemuan bisa dilangsungkan di Wisma ini. Bahkan untuk kegiatan budaya juga akan sangat mendukung diadakan di sini.

Source http://sumedangtandang.com http://sumedangtandang.com/direktori/detail/wisma-gending.htm
Comments
Loading...