Sejarah Warung Kopi Purnama

0 190

Warung Kopi Purnama

Kota Bandung memiliki banyak tempat makan yang bertahan sejak zaman kolonial. Salah satunya adalah Warung Kopi Purnama yang telah beroperasi sejak tahun 1930. Pada awal berdirinya, restoran yang didirikan oleh Yong A Thong ini bernama Chang Chong Se, yang memiliki arti : Selamat Mencoba! Sejalan dengan kebijakan pemerintah Republik Indonesia, pada tahun 1966 restoran ini berganti nama memakai Bahasa Indonesia menjadi Warung Kopi Purnama.

Warung Kopi Purnama berada di kawasan pusat kota Bandung, tepatnya di Jalan Alkateri No. 22. Restoran ini menjadi salah satu saksi sejarah pembangunan yang dilakukan pemerintah Belanda di kawasan Alkateri. Penataan bangunan-bangunan di Jalan Alkateri sendiri merupakan buatan Belanda. Di sini terdapat deretan blok pertokoan. Satu blok terdiri dari 5 hingga 6 toko dan antar blok dibatasi oleh brangang, yakni sebuah gang yang dijadikan tempat evakuasi jika terjadi kebakaran. Dahulu, jalan ini dikenal sebagai kawasan Kampung Arab.

Warung Kopi Purnama menempati sebuah bangunan beratap tinggi dengan kaca berwarna-warni layaknya pelangi pada bagian atasnya. Seperti deretan pertokoan di sekitarnya, bangunan yang ditempati warung kopi ini juga berdempetan dengan toko-toko lain di sebelah kiri dan kanannya. Gaya arsitektur bangunan Warung Kopi Purnama masih dipertahankan seperti saat awal tempat ini didirikan. Bagian dalamnya ditata dengan perabotan jadul dan desain yang cukup sederhana sehingga menimbulkan kesan “tempo doeloe”. Dua buah lampu berbentuk bulat tergantung di tengah ruangan. Ventilasi bercat abu-abu berderet tepat di atas pintu masuk. Dindingnya dihiasi lukisan dan poster-poster for sale The Beatles dan John Lennon.

Source http://info.pikiran-rakyat.com http://info.pikiran-rakyat.com/?q=direktori/kafe/kota-bandung/warung-kopi-purnama
Comments
Loading...