Sejarah Warung Kopi Arab Ampel

0 121

Sejarah Warung Kopi Arab Ampel

Warung kopi ini terletak di salah satu sudut gang kecil Pabean Kulon V. Warung kopi ini memang agak sedikit susah ditemukan. Kalau mencari alamatnya, sebaiknya kalian menuju ke Jalan Panggung terlebih dahulu, yang membawa ke arah Pasar Pabean.

Warung ini bisa dikatakan salah satu warung tertua di kawasan Ampel ini. Meskipun demikian, pada awalnya warung ini tidak digunakan sebagai warung kopi seperti sekarang. Menurut pemiliknya yang sekarang—seorang wanita keturunan Arab yang berusia sekitar 40-an—warung ini dulunya adalah milik seorang Arab yang berjualan roti maryam dan gulai kacang hijau. Warung ini didirikan bahkan jauh sebelum si pemilik baru ini lahir.

Ketika bapak tersebut meninggal, usaha ini diteruskan oleh anaknya, tapi konsepnya telah berubah menjadi warung kopi. Sementara itu, ibu dari anak tersebut (istri dari Almarhum), yang merupakan warga asli Besuki (Banyuwangi), menginginkan untuk menghabiskan hari tua di daerah asal. Akhirnya ibu dan anak ini pun meninggalkan Surabaya untuk menetap di Besuki. Dari tangan anak inilah, si pemilik sekarang kemudian melanjutkan usaha warung kopi tersebut.

Warung ini juga sering menjadi jujugan banyak turis, baik dalam maupun luar negeri. Selain itu, warung ini juga sering pula diliput oleh media cetak maupun elektronik.

Source http://inilahsurabaya.blogspot.com http://inilahsurabaya.blogspot.com/2016/07/warung-kopi-arab-tertua-di-ampel.html
Comments
Loading...