Sejarah Waduk Lawang Songo Kudus

0 380

Lokasi Waduk Lawang Songo

Waduk Lawang Songo terletak di Kalirejo, Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59372.

Sejarah Waduk Lawang Songo

Bangunan Waduk Lawang Songo yang merupakan peninggalan Belanda ini di bangun sekitar tahun 1908-1916 dan mulai dioperasikan sekitar tahun 1918. Bangunan ini mempunyai fungsi utama sebagai pengatur irigasi pertanian dan pembagi pintu banjir di wilayah sekitar undaan Kudus. Bangunan ini merupakan pembagi pintu banjir yang bertujuan melindungi daerah Demak, Kudus dan Grobogan dari Banjir.

Selain itu, bangunan ini juga di gunakan sebagai jembatan penghubung antara desa Kalirejo dengan desa Wilalung sehingga akses perjalanan kedua desa tersebut semakin mudah dan cepat. Bangunan yang mempunyai nilai sejarah tinggi ini, telah menjadi icon bagi kehidupan dan keamanan masyarakat Kudus dan sekitarnya.

Sebenarnya waduk ini terdapat 11 pintu, 2 pintu mengarah ke utara dan 9 pintu mengarah ke timur. Sebenarnya bangunan ini bukan seperti waduk pada umumnya, karena ini hanya seperti bendungan pintu yang bergaya arsitek Belanda.

Tapi penduduk sekitar menyebutnya, Waduk Lawang Songo, yang berarti lawang itu pintu dan songo yang mempunyai arti sembilan, sehingga dikenal masyarakat umum dengan sebutan Waduk Lawang Songo. Tidak terdapat tiket masuk untuk menuju tempat ini, karena pemerintah sekitar belum memanfaatkannya sebagai obyek wisata.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/roik_jaya/pesona-waduk-lawang-songo-peninggalan-belanda_56a8f65591fdfd1b0b8b456d
Comments
Loading...